Ratusan Pesilat Pelajar Ikuti Seleksi Popda 2020

Tanjung, KP – Bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Pembataan Tanjung, Ratusan pelajar mengikuti seleksi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Tahun 2020 di Cabang Olahraga (Cabor) Pencak Silat Kabupaten Tabalong.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Tabalong Tumbur P Manalu S.STP.MT, mengatakan bahwa sesuai peraturan yang ada Dispora Tabalong melaksanakan seleksi sebanyak 8 Cabang Olah Raga (Cabor), “Pada dasarnya seleksi adalah untuk menjaring atlit-atlit potensial di dalam Cabor yang bisa memberikan prestasi, dan dampak klasmen Kabupaten Tabalong dalam Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (Popda) pada Maret 2020 mendatang,” ujarnya.

“Melihat minat atlit sangat banyak, maka kami harapkan kedepan dimasing-masing Cabor, lebih mengembangkan baik dalam kemampuan maupun perkembangan atlit, Kami dari Dispora berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan agar dalam mengikuti kegiatan ini, proses pendidikan mereka tidak terganggu dandapat mengikuti kegiatan lomba di Popda ini,” sebut Tumbur.

Berita Lainnya
1 dari 1.396
Loading...

Kepala Bidang Olah Raga Dispora Kabupaten Tabalong Darwanto mengatakan sangat antusias melihat besarnya animo pelajar untuk pencak silat, “Saya sangat antusias dengan Cabor Pencak Silat, karena ini adalah akar budaya beladiri Bangsa Indonesia, ini perlu kita lestarikan sendiri, khususnya di Kabupaten Tabalong ini,” ujarnya.

“Melihat maraknya tumbuh perguruan silat di Kabupaten Tabalong kedepan ini tentu akan menimbulkan saingan-saingan positif untuk menumbuhkan dan mengembangkan silat di Kabupaten Tabalong,” demikian harap mantan pelatih Cabor Gulat ini.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Tabalong H Ahmad Helmi SH, menjelaskan pihaknya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan Dispora bersama Dinas Pendidikan tersebut, “Kami sangat mengaperesiasi dan sangat mendukung kegiatan seleksi Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) bidang silat ini, kami berharap bahwa atlit-atlit kita yang tergabung dalam beberapa perguruan di Kabupaten Tabalong bak putra maupun putri yang memilih asal perguruan berpeluang untuk mengikuti kejuaraan yang akan diselenggarakan di Banjarmasin mendatang,” ujarnya.

“Kami berharap dari IPSI, agar data yang dikirim adalah data yang valid, tidak ada manipulasi data atlit, sehingga saat dikirim untuk bertanding tidak mendapatkan masalah, dan mudahan seleksi yang dilakukan di Kabupaten Tabalong bisa menyumbangkan atlit-atlit baru untuk berprestasi pada jenjang yang lebih tinggi,” demikian harap mantan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tabalong ini. (ros/K-6) 

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya