Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITATanah Bumbu

Sudian Noor Pimpin Peluluncuran Sistem Informasi SiSADAP 

×

Sudian Noor Pimpin Peluluncuran Sistem Informasi SiSADAP 

Sebarkan artikel ini
BUPATI TANBU – H Sudian Noor memimpin peluncuran SiSADAP. (KP/Ist)

Batulicin, KP – Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) meluncurkan Sistem Informasi Satu Data Satu Peta (SiSADAP). 

Bupati Tanbu H. Sudian Noor mengatakan data memiliki peranan yang sangat penting, dalam keberhasilan atas usaha-usaha Pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mensejahterakan masyarakatnya. 

Android

Jika Birokrasi Pemerintah memiliki data yang terintegrasi, sektoral, valid, dan terbaru, maka akan menjadi pijakan yang kuat bagi setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam merencanakan suatu program maupun kegiatan. 

“Saya menyambut baik  diluncurkanya SiSADAP yang merupakan amanat atau intruksi dari Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, sebagai contoh pada aplikasi ini, masyarakat calon penerima manfaat by name by adress by locus, sehingga bantuan-bantuan yang akan diberikan bisa lebih tepat sasaran, dengan demikian masyarakat akan semakin merasakan bahwa, pemerintah hadir dalam mengatasi masalah-masalah mereka.  Selain itu, dengan aplikasi ini pemerintah daerah dapat dengan mudah memantau pergerakan kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh setiap SKPD. 

“Jika Organisasi Perangkat Daerah berada pada titik merah, harus bergerak menjadi hijau ini artinya SKPD telah bekerja,” ucapnya. 

Dalam rangka mensukseskan SiSADAP ini, Bupati berharap komitmen dari setiap SKPD untuk dapat menyiapkan dan menyajikan data-data yang dibutuhkan dalam pengoperasian Aplikasi Sistem Informasi Satu Data Satu Peta agar nantinya Kabupaten Tanah Bumbu memiliki data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, dan mudah diakses, sehingga pembangunan di Tanah Bumbu semakin terarah dan tepat sasaran. 

Sementara itu, Kepala Diskominfo Tanbu Ardiansyah mengatakan SiSADAP adalah satu inovasi alat bantu kerja pemerintah daerah dari Diskominfo Tanbu untuk menjawab tantangan penyajian data statistik berbasis spasial.  

SiSADAP Ujar Ardiansyah, merupakan aplikasi yang mampu menyajikan data dan lokus setiap indikator kinerja, atau pekerjaan yang dilaksanakan oleh SKPD, sehingga informasi yang diberikan dapat mempermudah para pengambil kebijakan ataupun pemegang kepentingan untuk menyusun perencanaan, melaksanakan, memonitoring, dan mengevaluasi program dan kegiatanya. 

Untuk saat ini, sebut Ardiansyah, SiSadap  fokus memetakan masyarakat kurang mampu di Tanah Bumbu. Kedepannya akan lebih luas lagi sasaranya, seperti rumah tidak layak huni, ketersedian air bersih warga, ketersediaan WC, warga yang belum memiliki KWH, dan lainya. 

“Salah satu tujuan aplikasi SiSADAP  untuk membantu SKPD menyusun perencanaan pembangunan agar lebih tepat sasaran dan masyarakat mendapatkan manfaatnya,” tandas Ardiansyah.

Hadir pada saat launching Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Tanbu, pimpinan SKPD, serta pejabat esselon III dan IV. 

Pelumcuran SiSADAP ini dipimpin langsung oleh Bupati Tanbu H. Sudian Noor di Mahligai Bersujud, Senin 24/2.20. (han)

Iklan
Iklan