Tengah Malam, Paman Birin Tebas Rumput

Banjarmasin, KP – Tengah malam, Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor ini, tebas rumput di median Jalan A Yani Km 6 sampai Km 10.

Itu bersama personel Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpoldamkar) Kalsel.

Gubernur, turun langsung secara mendadak ke Jalan A Yani, Jumat (28/2) dinihari lalu.

Pembersihan median jalan tersebut dalam rangka memperindah median jalan dan menyambut kehadiran jemaah haul Guru Sekumpul, yang berdatangan dari Kalteng dan Kalbar.

Sebanyak 80 personil Satpoldamkar dikerahkan pada pembersihan median jalan tersebut.

Termasuk Kasatpoldamkar Kalsel, Zaqly Asswan Helmi, juga turut berhadir.

Menurutnya, ini secara spontan melakukan pembersihan dengan mengajak serta ajudan, satpoldamkar, dan beberapa orang lainnya untuk mempercantik daerah ini.

“Apa yang kami lakukan semata-mata agar bermanfaat untuk orang banyak.

Mudah-mudahan dengan usaha pribadi inu mendapat keridhoan Allah,” ucapnya.

Pada kegiatan Haul ke 15 KH Muhammad Zaini bi Abdul Ghani, Paman Birin, juga mengerahkan hampir seluruh jajaran.

Hingga saat ini, tercatat beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemprov Kalsel turut serta. Beberapa di antaranya Biro Kesra dan Dinas Pariwisata

menyiapkan konsumsi, warung gratis selama 3 hari, angkutan gratis dari Bandara Syamsudin Noor ke Lapangan Murjani Banjarbaru (basecamp), dan menyiakan 1.000 makanan di depan museum Lambung Mangkurat.

Berikutnya Dispora membuka Posko Relawan Banua Bergerak dan pembagian bensin/pertalite gratis.

Selanjutnya Dinas Kelautan dan Perikanan mendirikan posko relawan di halaman kantor dan warung gratis.

Kemudian, Dinas Ketahanan Pangan, mendirikan posko relawan dengan menyediakan rest area, toilet, dan tempat salat, menyediakan nasi bungkus, roti, dan minuman.

Berikutnya Dinas Kominfo melakukan fungsi humas, media center, dan penyiapan tenaga jurnalis.

Selanjutnya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyediakan akomodasi di BLK dengan kapasitas 150 orang (jemaah dari Kaltim), Dinas Koperasi dan UKM, mendirikan posko relawan dan rest area,

pembagian makanan dan minuman gratis.

Kemudian, Dinas Perkebunan dan Peternakan, mendirikan posko relawan, lahan parkir di halaman kantor, pembagian 2 ekor sapi dari gubernur di Desa Tunggul Irang, tanggal 26 Februari 2020 penyerahan telur ayam ras sebanyak 15 ribu butir, minyak goreng 100 liter, dan mie instan 2.000 bungkus, pemeriksaan kesehatan ternak sebelum dan sesudah disembelih, sampai tanggal 25 Februari 2020 sudah tercatat 204 ekor sapi untuk haul Guru Sekumpul yang berasal dari berbagai pihak.

Terkahir, Dinas Kesehatan menyediakan Pos layanan kesehatan.

Secara pribadi, Paman Birin, juga membuka posko relawan bergerak di Jalan Martapura Lama menyiapkan 8.000 liter bensin, 1.000 liter solar untuk klotok, musala, tempat istirahat, warung gratis, Wc, dan kamar mandi.

“Saya juga mengimbau kepada seluruh instansi vertikal atau swasta yang berdomisili di jalur utama lintasan jemaah Haul Guru Sekumpul untuk membuka kantor dan memberikan kemudahan jemaah yang ingin beristirahat atau memerlukan bantuan,” ucapnya.

Paman Birin mengatakan, imbauan ini penting disampaikan mengingat jemaah yang akan datang ke Kalsel pada saat mengikuti haul diperkirakan mencapai 2 juta lebih.

Paman Birin mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada panitia maupun relawan dan masyarakat yang berpartisipasi terhadap pelaksanaan Haul Abah Guru Sekumpul.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat saya mengucapkan terima kasih atas keikhlasan bapak/ibu saudara (i) sekalian dalam mendukung pelaksanaan Haul Abah Guru Sekumpul,” ucap Paman Birin.(adv/K-2)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...