Iklan
Iklan
Iklan
ADVETORIALBanjarmasinLensa BanjarmasinTRI BANJAR

Wawali Serap Keluhan Warga di Kegiatan Musrenbang Bansel

×

Wawali Serap Keluhan Warga di Kegiatan Musrenbang Bansel

Sebarkan artikel ini

Banjarmasin, KP – Selepas Kecamatan Banjarmasin Timur kemarin melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, kini giliran Kecamatan Banjarmasin Selatan turut menggelar Musrenbang bersama jajaran lurah, Koramil, Polsek dan masyarakat setempat.

Bertempat di Aula Kecamatan Banjarmasin Selatan, Musrenbang tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah, turut hadir anggota DPRD Dapil Banjarmasin Selatan serta perwakilan SKPD lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin.

Android

H Hermansyah menyebut, Musrenbang bukan hanya seremonial dan formalitas belaka, baginya musyawarah yang diselenggarakan rutin setiap tahun itu merupakan kunci dari sebuah pembangunan daerah untuk tahun yang akan datang.

“Kegiatan ini merupakan kunci dari sebuah pembangunan daerah, karena jika berharap dari anggaran kecamatan saja maka tidak cukup, sangat sedikit sekali,’’ ujarnya.

Atas dasar hal itu, H Hermansyah meminta agar terjalin kolaborasi yang baik antara masyarakat dengan pemerintah seperti terjadi kerusakan pada infrastruktur bisa koordinasi dengan Dinas PUPR, kemudian ada Disperkim, juga kalau sekolah hancur misalnya, bisa diusulkan ke Disdik, puskesmas misalnya ke Dinkes.

“Ini yang maksud kita kolaborasi dan koordinasi yang baik harus terjalin,’’ ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengingatkan agar Dana Kelurahan juga turut terlibat dalam pembangunan. Menurutnya, pembangunan tidak hanya sekedar fisik, namun juga berkaitan dengan pembinaan dan pelatihan untuk menjadikan SDM yang handal.

“Jangan hanya terpaku pada APBD, namun Dana Kelurahan juga harus mampu membantu meningkatkan kesejahteraan warga setempat baik melewati pelatihan, maupun pembinaan seperti UMKM,’’ terangnya.

Sementara, Camat Banjarmasin Selatan, Drs M Yusrin mengutarakan, kegiatan pada hari ini merupakan rangkaian kegiatan lanjutan dari Rakorbang tingkat kelurahan yang digelar pada 9 dan 11 Desember tahun lalu.

“Kami ucapkan terimakasih atas kehadiran wakil walikota dan anggota DPRD Dapil Banjarmasin Selatan. Tingkat kecamatan ini diawali dari tingkat kelurahan yang sebelumnya digelar 9 dan 11 Desember 2019 lalu,’’bebernya.

Dijelaskannya, didalam Musrenbang tersebut pihaknya menyaring aspirasi, usulan kemudian dari masing masing kelurahan dimuat 5 program usulan prioritas yang dibawa pada Musrenbang hari ini tingkat kecamatan.

Adapun perwakilan anggota DPRD Dapil Banjarmasin Selatan, H Aliansyah berharap jangan sampai usulan yang sudah dikerjakan kemudian diusulkan lagi, ia menganggap hal tersebut tidak perlu terjadi.

Dijelaskannya, dalam Musrenbang perlu dibahas soal SDM, kemiskinan dan kesehatan masyarakat, “Mmudah mudahan tidak ada yang ketinggalan usulan usulan dari kelurahan pada Musrenbang kali ini,’’ pungkasnya.

Selain dari H Aliansyah, Musrenbang tersebut turut dihadiri oleh anggota DPRD Kota Banjarmasin Daerah Pemilihan Banjarmasin Selatan yakni Afrizal dari Fraksi Partai Amanat Nasional. (vin/K-5)

Iklan
Iklan