2 Juta Jamaah Diprediksi Hadiri Puncak Haul Guru Sekumpul

Martapura, KP – Minggu (1/3) malam ini merupakan puncak Haul ke 15 Abah Guru Sekumpul dan diprediksi dihadiri 2 juta jamaah yang datang dari berbagai penjuru.
Pada Haul tahun ini, memang diprediksi jumlah jamaah melebihi tahun sebelumnya. Tamu yang hadir mulai para ulama, habaib, pejabat hingga rakyat biasa yang mencintai ulama bernama asli KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al Banjari itu. Mereka datang dari berbagai penjuru, provinsi lain hingga mancanegara.


Berdasarkan pantauan KP, Minggu (1/3) pagi ini, terlihat kepadatan lalu lintas di kawasan Polsek Martapura Kota. Para pengendara jalan seolah bercampur dengan aliran jamaah menuju Sekumpul. Pada simpang tiga Polsek terlihat relawan bersama personil kepolisian dengan sabar mengatur lalu lintas dan terus mengarahkan jamaah agar melalui jalur yang tepat.

Berita Lainnya
1 dari 1.033


Sedang di kawasan Masjid Pancasila dan simpang empat Sekumpul, terlihat sangat padat dipenuhi jamaah yang terus berdatangan tiada henti, kendati Haul baru digelar nanti malam. Kondisi serupa juga terlihat di Jalan Simpang Empat Pendidikan serta Jalan Tanjung Rema.
Untuk Jalan Sei Paring, terlihat cukup macet disini dan petugas kepolisian sibuk mengatur lalu lintas. Sedang kawasan simpang empat Pasar Batuah, lalu lintas relatif lancar dan terlihat banyak jamaah sambil berjalan kaki ditepi jalan menuju Sekumpul.


Kondisi di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Zalecha Martapura, kendati tidak seberapa padat, namun banyak jamaah yang beristirahat di lokasi tersebut sebelum menuju kawasan Sekumpul. Disini terlihat para relawan dan masyarakat memunguti sampah-sampah yang banyak bertebaran ditengah lapangan.


Keagungan dan kemasyhuran Abah Guru Sekumpul yang wafat 5 Rajab 10 Agustus 2005 karena sakit diakui banyak ulama. Di majelis Mushalla Ar Raudhah ketika aktif Abah Guru Sekumpul, setiap Minggu dihadiri sekitar 10 hingga 15 ribu jamaah.
Namun setelah wafat, justru jamaahnya melebihi lagi. Bahkan haulnya pun dari tahun ke tahun semakin meningkat. Pada haul ke-7 sekitar 250 ribu, ke-8 meningkat 300 ribu. Setelah itu lebih setengah juta. Selanjutnya pada haul ke-13 dan 14 sudah melebihi angka 1 juta jamaah. (Wan/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya