Bupati HST Pimpin Konprensi Pers Covid- 19

Barabai, KP – Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mendapat peringkat ke dua tertinggi Orang Dalam Pemantauan (DPO) di Kalsel terkait Virus Corona atau Covid 19.

Data Dinkes Kesehatan (Dinkes) HST yang dirilis Diskominfo setempat per 23 Maret pukul 17.50, ODP di HST mencapai 89.

Sebelumbya, angka itu merupakan yang tetinggi di Kalsel. Sesuai dengan data yang dirilis Dinkes Kalsel per 23 Maret pukul 16.00.

Angka tertinggi setelah HST yakni, Banjarbaru dengan total ODP 72 dan Barito Kuala 60 orang.

Berbeda hari (Selasa, 24/3/2020), dari data yang dirilis Dinkes Kalsel pukul 10.00 tadi, Banjarbaru meningkat menjadi 282 ODP disusul HST sebnayak 88 ODP

Total di kalsel menurut data Dinkes Kalsel yang dirilis itu mencapai 790 ODP, 7 PDP dan 1 orang dinyatakan suspect atau konfirmasi Covid 19 di Banjarmasin.

“Angka terbanyak ini bukan berarti bahaya. Ini adalah bentuk kesadaran masyarakat yang baru datang dari daerah terjangkit yang melaoprkan diri ke dinas terkait,” kata Bupati HST, HA Chairansyah saat memimpin Konfrensi Pers Satgas Pencegahan Covid 19 di Media Center Dinkes setempat, Selasa (24/3/2020).

Sampai hari ini, kata H Chairansyah, khsusu di HST sudah 7 orang yang lepas dari statusnya sebagai ODP.

“Salah satunya ada mahasiswa kita yang datang dari Cina, sudah selesai dipantau dan dinyatakan sehat,” kata Chairansyah.

Perlu diketahui, Pemkab HST saat ini telah menaikan status siaga menjadi tanggap darurat Covid 19. Berbagai kebijakan telah diambil dengan membatasi interaksi sosial, terlebih dengan mengumpulkan orang banyak.

Tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid 19.

“Kita hindari dulu berkumpul-kumpul. Alhamdulillah TNI-Polri membantu kita dalam kebijakan ini. Begitu juga para alim ulama mendukung kebijakan kita dengan menghentikan sementara pengajian-pengajian,” ungkap Chairansyah.

Sementara itu Kapolres HST AKBP Danang Widaryanto mengatakan pihaknya selalu mendukung hal ini oleh karena itu pihaknya selalu melakukan patroli untuk sosialisasi, termasuk membubarkan masyarakat yang nongkrong atau berkumpulnya di suruh kembali ke rumah masing-masing agar terhindar dari virus ini.

Begitu juga Dandim 1002 BRB Letkol INF Muh Ishak HB, selalu mendukung pemkab HST untuk mencegah meluasnya virus ini. (adv/ary/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...