E-Perpus Banjarmasin Dipromosikan di Sekolah

Banjarmasin, KP – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Kota Banjarmasin membuat inovasi berupa aplikasi bernama E-Perpus Banjarmasin. Perpustakaan digital berbasis android ini merupakan jawaban dari tuntutan zaman, di mana dewasa ini segala sesuatu sudah bisa diakses dalam genggaman melalui smartphone. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Banjarmasin, Ahmad Husaini mengungkapkan, sedikitnya 1.200 eksemplar buku atau bahan bacaan, dari komik, novel, buku pelajaran, hingga buku tentang ilmu pengetahuan lainnya sudah ada di dalam E-Perpus. 

E-Perpus ini bisa didapat dengan mengunduhnya di playstore. Kemudian untuk menikmati bahan bacaan yang ada di sana, user cukup melakukan registrasi dengan memasukkan email sebagai syarat bergabung menjadi pengguna.

“Hanya dengan mengunduh aplikasi ini di play store, dan mendaftar dengan cukup memasukkan email maka masyarakat sudah bisa menikmati buku yang ada di dalamnya,’’ ucapnya saat sosialisasi kepada 300 pengelola perpustakaan SD dan SMP di Kota Banjarmasin yang digelar di Aula BKD Kota Banjarmasin, Senin (2/3/20).

Husaini menyadari, perpustakaan harus ikut bertransformasi untuk menyesuaikan diri di tengah pesatnya kemajuan teknologi. Terlebih, saat ini masyarakat dari orang dewasa hingga anak-anak sudah sangat dekat dengan gadget.

Berita Lainnya
1 dari 1.786
Loading...

Diharapkan, dengan hadirnya platform perpustakaan digital bisa mendorong minat baca di masyarakat. “Tapi bukan berarti perpus konvensional ditinggalkan. Perpus itu harus tetap hidup dan terus berkembang. Salah satunya dengan adanya aplikasi E-Perpus Banjarmasin ini,’’ ujarnya.

Ia pun ingin para pustakawan SD dan SMP di Banjarmasin khususnya yang hadir di acara sosialisasi bisa turut membantu mempromosikan terkait kehadiran E-Perpus milik Dispersip Banjarmasin tersebut. Agar sekiranya kehadiran perpustakaan digital itu bisa termanfaatkan dengan baik dan maksimal.

“Sehingga pustakawan bisa menyampaikan kepada siswa bahwa saat ini sudah ada E-Perpus Banjarmasin, yang bisa dimana saja dan kapan saja untuk membaca melalui E- Perpus Banjarmasin,’’ tukasnya.

Adapun Marlin, salah seorang peserta sosialisasi menyambut hangat dengan kehadiran E-Perpus. Menurutnya, kebutuhan untuk mendapatkan bahan bacaan yang praktis memang sangat diperlukan saat ini. “Ya tentu sangat membantu sekali. Apalagi banyak jenis bukunya,’’ katanya.

Ia pun tentu akan turut membantu mempromosikan perpustakaan digital tersebut agar lebih dikenal para pelajar. “Nanti saya kasih tau sama anak-anak, kalau Banjarmasin juga sudah punya perpustakaan digital, tentu mereka sangat senang mendengar kabar ini,’’ tutupnya. (sah/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya