Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Hari Ini Sekolah di Banjarmasin Diliburkan

×

Hari Ini Sekolah di Banjarmasin Diliburkan

Sebarkan artikel ini
SEKOLAH LIBUR- Inlah kecerian anak-anak SD saat diumumkan libur. (KP/Bani)

Kebijakan ini diambil menyusul adanya surat edaran dari Kemendikbud RI tentang pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan

BANJARMASIN, KP – Terhitung sejak hari ini Selasa (17/3/2020), sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin baik PAUD, SD, maupun SMP mulai diliburkan.

Android

Kebijakan ini diambil menyusul adanya surat edaran dari Kemendikbud RI tentang pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan. Dan hasil rapat jajaran Pemko Banjarmasin.

“Sore ini Kadisdik sudah berkoordinasi dengan Kepala Sekolah, agar besok (hari ini) anak-anak sudah libur,” ucap Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina di balaikota, Senin (16/3/2020).

Ibnu mengatakan, libur sekolah ini berlaku hingga 14 hari kedepan. Dan tak menutup kemungkinan masa libur akan ditambah, jika dipandang perlu.

“Sesuai araha pusat kita kan melihat perkembangan 14 hari kedepan. Sesuai masa inkubasi, dari virus ini,” jelasnya.

Kebijakan ini juga diambil sebagai upaya memberikan jaminan khususnya kepada pelajar agar terhidar dari dampak wabah virus mematikan tersebut. Selain itu juga sebagai upaya memutuskan mata rantai penyebarannya.

“Sebagai upaya kita memutus mata rantai penyebarannya Covid-19 ini, salah satunya adalah dengan meliburkan siswa SD, SMP, dan PAUD yang dibawah kewenangan Pemko Banjarmasin,” ujar Ibnu.

Kendati demikian, yang perlu diingat ujar Ibnu, bahwa libur sekolah ini buka libur seperti biasa. Meski libur, anak-anak masih harus tetap belajar di rumah dan diawasi oleh orang tua.

Selain itu, yang terpenting libur ini harus diisi dengan kegiatan di rumah. Dan jangan sampai disalahgunakan untuk berkeliaran di luar, terlebih ke tempat keramaian.

“Dengan membagikan tugas selama libur, dan memastikan anka didik belajar dirumah dan didampingi orang tua, dan tak berkeliaran ke tempat keramaian. Pastikan ini bukan libur biasa, karena sipatnya ini pencegahan,” tegasnya.

Ibnu pun mengaku bahwa banyak aspirasi orangtua di tempat pendidikan yang sudah menunggu-nunggu terkait kebijakan ini. Akan tetapi Pemko memang baru mengambil kebijakan setelah adanya pernyataa siaga bencana Corona oleh Pemprov Kalsel.

“Mudahan ini upaya Pemko untuk memberikan rasa mana bagi orang tua, karena banyak aspirasi untuk segera liburankan. Jadi kami ingin tetap berpeganga dengan aturan, karena Provinsi juga sudah mengeluarkan status siaga penangana Corona ini,” pungkasnya.

SIT Ukhwah

Sedangkan Sekolah Islam Terpadu (SIT) Ukhuwah Banjarmasin mengambil keputusan utuk meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah selama dua pekan terhitung hari ini Selasa (17/3/2020) sampai Selasa (31/3/2020).

Keputusan itu diputuskan setelah Dewan Pembina dan Pengurus Yayasaan Ukhuwah serta seluruh manajemen SIT Ukhuwah menggelar rapat menyikapi perkembangan wabah virus covid-19.

Ada lima poin dalam surat edaran yang dikeluarakan pertama, pelaksanaaan kegiatan belajar mengajar pada SIT Ukhuwah diliburakan sementara selama dua pekan sejak Selasa, 17 Maret 2020 sempai 31 Maret 2020, atau menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah .

Kedua, khusus kelas XII SMAIT Ukhuwah,kegiatan US dan UNBK mengikti ketentua dari pemerintah.Ketiga, selama libu para siswa dianjurkan agar lebih banyak beraktifitas di dalam rumah bersamaa keluaraga dan melaksanakan beberapa penugasan belajar di rumah dari sekolah , serta membatasi diri untuk tidak menghadiri kegiatan yang melibatkan orang banyak, terkecuali untuk keperluan penting dan mendesak.

Keempat , menerapakan pola hidu bersih dan sehat (PHBS), tidak bersalaman dengan orang di luaa rumah, dan semakssima mungkin memakai masker dan hand-sanitizer . Kelima, sambil menjalankan semua ikhtiar ini, seluruh siswa senantiasa memperbannya doa, dzikir dan istighfar untuk meminta pertologan Allah SWT.(sah/nid)

Iklan
Iklan