Sekolah Sekarang Dituntut Cetak Generasi Inovatif

Banjarbaru, KP – Walikota Nadjmi Adhani mengatakan, sekolah zaman sekarang dituntut tidak hanya melahirkan angkatan kerja yang siap pakai, namun juga mampu mencetak generasi yang inovatif dan kreatif sejak dini.

“Sehingga kelak mampu menciptakan lapangan kerja. Tidak hanya siap menjadi pegawai atau karyawan,’’ katanya pada peletakkan batu pertama pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SDN 3 Landasan Ulin Utara, Kecamatan Liang Anggang, kemarin.

Menurut Nadjmi, pada umumnya sekolah dari tingkat PAUD hingga SMA didirikan untuk mendidik siswa, agar tumbuh menjadi manusia cerdas, bijaksana, mencintai tanah air dan bermanfaat untuk sesama, tanpa ada diskriminasi, agar siapapun bisa memperoleh kehidupan lebih baik.

“Namun ada tujuan lebih besar dari itu. Sekolah didirikan agar peserta didik bisa bertemu dan bergaul dengan teman-teman seusia yang juga sangat beragam minat dan bakatnya,’’ tandasnya.

Sehingga mereka menyadari bahwa setiap orang punya latar belakang keluarga berbeda, minat berbeda dan cita-cita berbeda pula. Peserta didik bisa belajar menerima perbedaan-perbedaan tersebut yang juga akan muncul ditengah masyarakat.

“’Dengan kondisi tersebut, siswanya justru bisa belajar untuk menjadi generasi yang inovatif dan kreatif sejak dini,’’ katanya.

Ditambahkan Nadjmi, sekolah juga disiapkan untuk menyiapkan generasi penerus agar siap menghadapi perkembangan zaman dan modernisasi, karena sekarang terjadi “penjajahan gaya baru’’, seperti di bidang teknologi dan ekonomi.

“’Hal ini penting dalam rangka antisipasi kebutuhan kompetensi abad 21 dan menyiapkan generasi emas,’’ katanya. (wan/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...