UPR dan UNBRAW Sepakati Kembangkan Ilmu Perikanan, Ini Alasannya

Palangka Raya, KP – Universitas Palangka Raya (UPR) dan Universitas Brawijaya (UNBRAW) sepakati kerjsama kembangkan Ilmu Perikanan, yang tertuang dalam sebuah penandatangan kerjasma (MuO).
Penandatangan kerjasama dilakukan Rektor Universitas Palangka Raya (UPR), DR Andrie Elia dengan Dekan Fakultas Perikanan dan  Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang (FPIK UB), Prof Dr Ir Happy Nursyam MSC, Jumat (06/03) tadi pagi.


Hadir mendampingi Rektor UPR, 2 (dua) orang Wakil Rektor UPR, yakni Prof Dr Sulmin Gumiri PhD dan Prof Dr Suandi Sidauruk MPd, Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) UPR Dr Susilawaty MP dan unsur civitas akademika UPR lainnya.


Kunjungan dan penandatangan MuO, dalam rangka kerjasama akademik, terutama dalam pengembangan ilmu dalam bidang perikana. Selanjutnya kedua institusi pendidikan tinggi ini, dapat saling berkontribusi dan memberikan manfaat satu sama lainnya. 


Kegiatan lanjutan, seperti pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat luas, sebagaimana adanya Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan Tengah ini.


Rektor Universitas Palangka Raya, Dr Andrie Elia SE MSi mengemkakan, melalui adanya kerjasama itu diharapkan dapat memberikan dampak positif, terutama dalam upaya peningkatan pendidikan dalam bidang perikanan.


Ditegaskan kerjasama sangat tepat dilakukan, terlebih lagi dengan melihat potensi daerah Kalimantan Tengah ini, yang memiliki wilayah perairan, dengan sungainya yang banyak, berikut potensi perikanannya.

Berita Lainnya
1 dari 586
Loading...


Demikian pula potensi perikanan lautnya dengan garis pantai laut mencapai 750 Sehingga, pengembangan ilmu bidang perikanan, menjadi suatu hal yang sangat penting dilakukan. 


Melalui kerjasama ini, “saya sangat menyambut baik dengan adanya kerjasama tersebut,”  ujar Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi, saat seusai menerima kunjungan FPIK UB tadi pagi.


Bahkan dari catatan UPR, saat ini sudah mempersiapkan satu kawasan seluas kurang lebih 5 hektare, sebagai tempat pengembangan kawasan pertanian terpadu. Di dalamnya termasuk perikanan.
Dekan FPIK UB Prof Dr Ir Happy Nursyam MS mengatakan, tujuan kunjungan ini,  pihaknya ingin bertemu dan bersilaturahmi bersama Rektor UPR bapak Dr Andrie Elia SE MSi beserta jajaran, dalam rangka penandatanganan Nota Kerjasama Akademik, terutama bidang perikanan.


“Kami baru saja melakukan penandatanganan MoU Kerjasama Akademik, terutama dengan Faperta UPR. Mengingat, kedua Perguruan Tinggi ini, sama-sama memiliki jurusan perikanan”, paparnya.


Harapannya, bisa saling bekerjasama dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang perikanan,” Kata Prof Dr Ir Happy Nursyam MS.


Hasil dari kerjasama ini, tidak hanya berguna dalam upaya peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi, tapi juga berbagai inovasi yang dihasilkan memiliki nilai manfaat besar, bagi masyarakat luas. 
Sehingga lulusan maupun kelembagaan akademik baik bagi UPR maupun UNIBRAW mampu meningkat SDMnya agar mampu bersaing diera zero four poin (4.0). (drt/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya