]Virus Corona dan Jelang Ramadhan, Distributor dan Pedagang Diingatkan Jangan Timbun Sembako

Penimbunan sembako dengan sengaja dipastikan akan menimbulkan terjadinya kelangkaan karena pedagang atau distributor tidak menutup kemungkinan menaikan harga

BANJARMASIN, KP – Anggota Komisi II DRD Kota Banjarmasin, Muhammad Natsir mengingatkan, para distributor, pedagang dan masyarakat untuk tidak menimbun sembako dan tetap bersikap tenang dalam menghadapi virus corona atau Covid-19.

Hal itu dikemukakannya kepada wartawan, Kamis (19/3/20), menanggapi mulai melonjaknya harga berbagai kebutuhan pokok dalam beberapa pekan terakhir ini.

Menyusul, ungkapnya, merebaknya virus corona (Covid-19) hingga antisipasi adanya kemungkinan pemerintah mengambil kebijakan lockdown dalam upaya penanganan dan mencegah penyebaran virus itu agar tidak meluas.

Dikatakan anggota dewan dari F-PDI ini, penimbunan sembako dengan sengaja dipastikan akan menimbulkan terjadinya kelangkaan karena pedagang atau distributor tidak menutup kemungkinan bisa saja mengambil kesempatan dengan menaikan harga.

“Sengaja menimbun sembako tentunya bukan perbuatan yang terpuji, karena sangatlah merugikan masyarakat. Apalagi di tengah merebaknya penyebaran virus corona ini sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan,’’ katanya.

Berita Lainnya
1 dari 458
Loading...

Menyinggung upaya untuk mencegah dan mengantisipasi penimbunan sembako, Muhammad Natsir meminta agar Pemko Banjarmasin bersama pihak terkaitnya lainnya termasuk aparat penenggak hukum untuk meningkatkan pengawasan.

Menurutnya, harus ada langkah antisipasi yang dilakukan dengan meningkatkan pengawasan secara ketat terhadap seluruh distribusi pangan dan sembako yang bisa menyebabkan harga berbagai kebutuhan pokok melonjak naik yang pada gilirannya merugikan masyakat untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

“ Saat ini bangsa kita sedang berusaha dan berjuang keras mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona. Untuk itu di tengah situasi ini mestinya jangan ada masalah baru seperti menimbun barang kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat,’’ katanya mengingatkan.

Lebih jauh Muhammad Natsir, jika ada distributor, pedagang atau pihak lainnya sengaja memanfataatkan situasi ini haruslah ditindak secara tegas sesuai ketentuan hukum berlaku agar memberikan efek jera.

Ditandaskannya, langkah antisipasi terhadap dampak turunan pandemic Covid-19 haruslah dilakukan agar jangan sampai roda perekonomian dan kebutuhan pokok masyarakat tidak terganggu.

“Apalagi sebentar lagi kita sudah memasuki bulan Ramadhan, sehingga pemerintah harus mengambil langkah jitu untuk menjamin ketersediaan pangan agar harga kebutuhan pokok tetap stabil,’’ demikian kata Muhammad Natsir. (nid/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya