Cegah Covid- 19, Sungai Tuan Ilir Kecamatan Astambil Siapkan Ruang Isolasi ODP

Martapura,  KP – Desa Sungai Tuan Ilir, Kecamatan Astambul, tak mau ketinggalan dalam memerangi wabah corona virus desease (Covid-19). Berbagai upaya dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut,  salah satunya dengan penyiapkan tempat isolasi bagi orang dalam pemantauan (ODP).


Desa Sungai Tuan Ilir juga telah membentuk relawan guna mewujudkan Desa Tangguh/Tanggap Covid-19.
Diungkapkan Ketua Relawan Desa Sungai Tuan Ilir,  Dewi Erliyani, 
posko yang sekaligus ruang isolasi sederhana ini dilengkapi dua tempat tidur, lemari baju, kipas angin, kamar mandi dan toilet.


“Kita juga sudah siapkan alat pengukur suhu tubuh, tensi meter,  oxigen serta APD, ” jelasnya,  Jumat.


Posko untuk melayani pengaduan dari masyarakat agar mudah  mendapatkan penanganan serta informasi terkait virus corona, juga selalu siap. Termasuk sebagai ruang transit sementara bagi ODP, khususnya warga Sungai Tuan Ilir yang datang dari luar daerah.

Berita Lainnya

LPTQ Banjar Matangkan Kadernya 2 Bulan

Kasus Covid Menurun, Tapi Prokes Jangan Kendor

1 dari 359
Loading...


“Jika ada warga kita yang datang otomatis ditetapkan sebagi ODP, dan bila dipantau ada gejala, ruang isolasi mandiri desa dapat digunakan. Pemdes akan memanggil petugas kesehatan dari puskesmas untuk menangani pasien,” terang Dewi.


Jika dalam penanganan diketahui bergejala lanjutan, petugas puskesmas dalam kesatuan gugus tugas akan merujuk pasien yang bersangkutan ke RSUD untuk ditangani.


Selain membuat posko Desa Tangguh/Tanggap Covid-19, juga dilakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga.
Relawan Desa Lawan Covid-19 sendiri terdiri dari BPD, RT, bidan dan aparat desa dan tokoh masyarakat setempat.
“Kemarin penyemprotan juga disaksikan Camat Astambul, Koramil setempat. Target kami,  sebelum ramadhan sudah semua rumah warga disemprot disinfektan, ” imbuh Dewi.


Kegiatan lainnya, yakni pembagian masker yang diutamakan kepada lansia atau warga yang rentan terserang penyakit. Sambil memberi masker,  relawan juga mengedukasi warga bagaimana cara menghindari terjangkitnya virus corona. (wan/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya