Hotel Katingan Ditutup Sementara, Digunakan Isolasi Nakes

1.562

Kasongan, KP – Hotel Katingan (HK) terletak tak jauh dari depan pintu gerbang masuk Kantor Pemkab Katingan, tepatnya berada diruas jalan Jjilik Riwut KM 3 Kasongan, ditutup sementara.

Pasalnya, HK merupakan Hotel Plat Merah milik Pemkab Katingan, yang pengoprasiannya di kelola oleh pihak Perusahaan Daerah, Belakangan HK dicadangkan sebagai salah satu tempat penanganan pasien dalam pengawasan (PDP) covid-19 oleh Pemkab Katingan melalui tim gugus tugas percepatan penaganan covid -19 Katingan.

” Kemarin kita cadangakan HK, seandainya pasien PDP membludak di di rumah sakit mas amsyar Kasongan, karena hanya disiapkan 3 ruangan isolasi saja di sana,” kata Wakil Bupati Katingan, Sunardi NT.Litang, kepada wartawan, Rabu (29/4/2020) di Kasongan.

Dikatakan Wabup, ada perkembangan terbaru, bahwa tenaga keseahatan (Nakes) merupakan medis di RSUD Mas Amsyar menangani pasien covid-19, disarankan tak pulang kerumah dulu, ” itu juga atas permintaan mereka sendiri, dan minta memggunakan HK sebagai tempat isolasi, dan diperbolehkan, seperti 9 orang tenaga nakes yang melakukan isolasi di HK, karena apabila isolasi mandiri di rumah di kawatirkan akan teledor, ” sebut Wabup.

Loading...

Karena lanjutnya, bahwa apabila nakes ini pulang kerumah, maka khawatirkan resiko menulari keluarga, Dan memang pendapatan HK selama ini sangat minim , pihak HK juga bersyukur dengan adanya covid ini , HK di sudah di kontrak oleh Pemkab Katingan melalui pihak BPBD Katingan guna tempat isolasi nakes.

” Tentunya ada mekanismenya, di kontrak dibayar oleh Pemda dan bila HK ada untung maka setor kembali ke Pemda,” sebutnya.

Diakuinya, pembayaran tentunya ada mekanisme di Pemda, sehingga proses lambat dan penuh kehati-hatian dalam pengolaan keuangan daerah, terutama menyangkut masalah covid -19 ini.

” Sehingga HK, sementara tak menerima tamu dari luar sementara, hingga musim corona berlalu, dan orang pun mikir nginap di HK denganbkondisi sekarang ini,” timpalnya.

Disebutkan Wabup, paling tidak HK di kontrak pihak Pemkab Katingan, sampai bulan Desember atau sampai corona berlalu, Dan dengan adanya beberapa nakes di sana hasil Rapid tes positif, tentunya dilakukan sterilisasi penyemprotan desinfektan setiap hari, bahkan hingga musim corona berlalu akan di sterilisasikan kembali dan diyakinkan aman bagi masyarakat umum. (isn/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya