Anggota DPRD Kapuas Minta Petugas Medis Penanganan COVID-19 Diperjelas

Kuala Kapuas, KP – Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kunanto, meminta petugas medis yang melakukan penanganan pasien COVID-19 yang sudah terbentuk dapat dipertegas dan diperjelas siapa-siapa petugasnya.


“Kalau perlu diumumkan ke masyarakat biar masyarakat tahu siapa petugas medis yang menangani COVID-19, baik itu dokter, perawat, sopir ambulan maupun lainnya yang terlibat dalam penanganan pasien COVID-19. Selama ini kita belum tahu,” kata Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Kunanto, di Kuala Kapuas, Kamis (07/05/2020).


Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas maupun RSUD Kapuas perlu memperhatikan itu, karena menyangkut keselamatan baik petugas medis yang menangani, pasien maupun orang sekitar, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kabupaten Kapuas.


Ini diminta oleh legislator dari Partai NasDem itu, agar para medis yang menangani pasien-pasien COVID-19 bekerja dengan maksimal dalam penanganan. Selain itu, guna menjauhkan pradigma masyarakat akan takutnya ingin berobat baik ke rumah sakit, Puskesmas maupun ke dokter.

Berita Lainnya
1 dari 111
Loading...


“Kalau tidak dipertegas dengan jelas mana-mana petugas medis khusus yang menengani, masyarakat yang ingin berobat ke rumah sakit, puskesmas maupun dokter akan takut ingin berobat karena takut tertular,” katanya.


Kemudian petugas medis yang melakukan penanganan pasien COVID-19 untuk dapat diberikan perhatian khusus dan tambahan insentif, karena mereka merupakan garda terdepan.


Selain itu, memberi perhatian terhadap tenaga medis yang bertugas menangani pasien COVID-19 dengan menyiapkan fasilitas dan akomodasi bagi mereka.


“Kalau perlu mereka ini (petugas medis) jangan diberikan pulang selama menangani pasien COVID-19. Berikan mereka ini fasilitas tempat dan akomodasi bagi mereka. Petugas medis ini juga diberikan jaminan dan ansuransi bagi mereka untuk anak-anaknya yang ditinggalkannya apabila gugur dalam bertugas. Karena mereka ini adalah pejuang-pejuang yang berjasa dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” pintanya.


Wakil rakyat yang terpilih kembali dari Daerah Pemilihan (Dapil) V ini, sangat mendukung pergeseran anggaran pemerintah untuk penanganan COVID-19 di daerah setempat.


“Saya harapkan pergeseran anggaran untuk penanganan COVID-19 ini diutamakan untuk para tenaga medis, baik itu tambahan insentif untuk mereka, kelengkapannya maupun lainnya, karena mereka adalah gerda terdepan dalam penanganan COVID-19,” demikian Kunanto. (Al/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya