Anggota Dewan Kalsel Cek Reklamasi Tambang

Pelaihari, KP – Rombongan anggota DPRD Kalsel bersama Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM) Kalsel menyambangi lokasi pertambangan PT Amanah Anugerah Adi Mulia (AAAM) di Kitanp, Kabupaten Tanah Laut, Rabu (10/6) siang. Rombogan Komisi III tersebut dipimping langaung Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kalsel.


Ketua DPRD Kalsel, H Sufian HK, menyebut pihaknya selama ini banyak menerima pengaduan dari masyarakat tentang kegiatan penambangan yang berantakan. Ia memastikan opini tersebut terbantahkan setelah turun langsung ke lapangan.


Dikatakannya sudah ada beberapa perusahaan yang melaksanakan kegiatan pasca tambang.

Berita Lainnya
1 dari 221
Loading...

“Kami turun ke lapangan agar opini tidak simpang siur. Kami sangat mendukung pertambangan yang sesuai kaidah. Dari yang kami lihat di sini proses reklamasi sudah berjalan, sehingga ketika kami menerima surat atau aduan bisa sebagai bahan jawaban kami bahwa sebagian pertambangan sudah berjalan sesuai aturan,” tegasnya.


Senada, Wakil Ketua DPRD Kalsel, M. Syaripuddin, menyatakan ia bersama anggota Komisi III sengaja turun ke lapangan mengecek kewajiban reklamasi oleh pemegang izin usah pertambanhan (IUP). Menurutnya, dari apa yang dilihat perusahaan lokal bisa memberikan contoh kepada pemilik IUP lain terkait reklamasi.


“Dari laporan yang kami dapat sebanyak 4 pemegang IUP sedang melakukan reklamasi. Hal demikian bisa menjadi pendorong pemegang IUP lainnya bahwa pertambangan bisa dilaksanakan dengan baik. Banyak persepsi perusahaan lokal tidak menjalankan kewajiban, tapi nyatanya masih ada yang patuh dengan ketentuan,” bebernya.


PT AAAM menguasai lahan seluas 599 hektare dan wajib direklamasi seluas 349 hektare sebagai lahan terganggu. Sampai dengan saat ini PT AAAM sudah mereklamasi seluas 209 hektare.

Penutupan sisanya akan dikerjasamakan dengan pemegang IUP yang berdekatan, yaitu PT Anugerah Lumbung Energi (ALE) dan CV Wahyu Taruna Bakti (WTB) yang saat ini masih berproduksi.


“PT AAAM sudah proses pencairan tahap ke tiga. Secara umum tadi kita lihat reklamasinya bagus, tapi nanti tanaman akan dinilai baik besar kecilnya maupun usianya,” kata Kepala DESDM Kalsel, Isharwanto. (mns/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya