Bupati Bartim Hadiri Panen Perdana Demplot Di Desa Longkang

Tamiang Layang , KP – Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menghadiri panen perdana pada demplot Kodim 1012 Buntok di Longkang, Desa Jaar, Kecamatan Dusun Timur kabupaten Bartim.

“Kita sangat mengapresiasi sekali karena dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan akibat pandemi COVID-19 di Bartim,” kata Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Selasa ( 23/6 )

Menurut Ampera lokasi tempat penanaman demplot tersebut merupakan lahan milik Pemkab Bartim yang diwacanakan untuk pembangunan Makodim Bartim. Berhubung belum di bangunnya Makodim maka lahan berluas sekitar dua hektar itu digarap menjadi demplot pertanian.

Ampera sangat mengharapkan masyarakat bisa mencontoh kegiatan pertanian untuk ketahanan pangan saat pandemi COVID-19. Jika tidak memiliki lahan yang cukup luas, maka bisa memanfaatkan lahan pekarangan sebagai lahan pertanian.

“Terlebih lagi jika dimanfaatkan secara maksimal dan bisa menjadi penopang perekonomian saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, sehingga bisa menggeliatkan perekonomian warga,” kata Ampera lagi.

Berita Lainnya
1 dari 81
Loading...

Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Tuwadi mengatakan, yang saat ini dipanen yakni semangka sebanyak tujuh ton dan dibagikan kepada warga secara gratis.

“Ada beberapa jenis tanaman yang belum dipanen diantaranya semangka dan melon. Yang panen saat ini adalah semangka sekitar tujuh ton yang dibagikan gratis kepada masyarakat,” kata Tuwadi.

Menurutnya, pembuatan lahan demplot merupakan program Kodim 1012 Buntok untuk mendukung ketahanan pangan yang ada di Bartim saat pandemi COVID-19 .

Program ketahanan pangan ini dibuat sebagai contoh kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan lahan pekarangan dengan harapan dapat dilaksanakan dengan cara membuka kebun dan mengembangkannya di lahan masing-masing.

“Alhamdulilah masyarakat saat ini sudah mulai tergerak mengikuti program yang dibuat Kodim 1012 Buntok untuk meningkatkan ketahanan pangan di daerah. Minimal bisa menopang kebutuhan sendiri maupun keluarga,” Demikian Tuwadi. (vna/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya