Dorong Optimalisasi Transportasi Sungai Kalsel-Kalteng

259

Banjarmasin, KP – DPRD Kalsel mendorong optimalisasi transportasi sungai bagi masyarakat di wilayah Kalsel dan Kalteng, terutama dalma penggunaan alur sungai Anjir Serapat.


“Anjir Serapat ini menghubungkan dua wilayah, Kalsel dan Kalteng, sehingga bisa dioptimalkan lagi fungsi sebagai jalur transportasi masyarakat,” kata Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK, Jumat (26/6/2020), di Banjarmasin.


Hal tersebut diungkapkannya saat mendampingi kunjungan kerja Komisi III DPRD Kalsel ke Balai Wilayah Sungai II.


“Diharapkan dengan berjalan alur transportasi ini, tentunya menambah fasilitas transportasi bagi masyarakat selain melalui jalan raya,” tambah politisi Partai Golkar ini.


Selain itu, keberadaan jalur transportasi sungai ini akan memudahkan angkutan, yang dibatasi maksimal 5 ton, mengingat kapal atau angkutan sungai bisa membawa muatan hingga 25 ton.


“Ini tentu berdampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat, seperti masa lalu, sebelum ada jalan darat yang menghubungkan dua provinsi,” tambahnya.

Berita Lainnya

Kalsel Gelorakan Gemar Makan Ikan

New Normal Politik Elektoral

Loading...


Ketua Komisi III DPRD Kalsel, H Sahrujani mengatakan, alur sungai Anjir Serapat memiliki nilai sejarah bagi kedua wilayah, yang menggantungkan transportasi pada jalur sungai.


“Pemprov Kalsel sepakat untuk mengoptimalkan kembali fungsi alur sungai tersebut,” ujar politisi Partai Golkar ini.


Bahkan, rencana ini akan ditindaklanjuti dengan merekomendasikan usulan tersebut ke Komisi V DPR RI.


“Usul inipun disepakati Pemprov Kalteng untuk menghidupkan kembali Anjir Serapat tersebut,” tambah wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel VI, meliputi Kabupaten Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong.


Kendati demikian, Sahrujani mengakui, dari pertemuan terungkap beberapa kendala, dan masalah ini akan direkomendasikan ke Komisi V DPR RI untuk ditindaklanjuti, mengingat anggarannya menggunakan dana APBN.


Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III HM Rosehan NB pun berharap rekomendasi ini nantinya dapat diperjuangkan Komisi V DPR RI, terlebih ada putera banua yang mewakili di Komisi tersebut.


“Mudah-mudahan ini bisa ditindaklanjuti, karena ada wakil rakyat asal Kalsel di Komisi tersebut,” kata politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan,” ujar Rosehan.


Bahkan diharapkan Rifki Karsayuda dapat membantu agar pembangunan di Kalsel dan Kalteng bisa berjalan, termasuk fasilitasi perbaikan jalan nasional agar tidak ada lagi permasalahan,” ujarnya. (lyn/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya