Partai Golkar `Diminati’ Banyak Calon

Banjarmasin, KP – Jelang pemilihan kepala daerah (pemilukada) yang akan digelar 9 Desember 2020 tahun ini di sejumlah kabupaten/kota di Kalimantan Selatan (Kalsel) suhu politik di daerah ini mulai memanas. Tak kecuali Kota Banjarmasin yang akan melaksanakan pemilukada walikota/ wakil walikota.

Meski demikian, hingga kini belum ada satupun belum ada satu partai politik pun yang sudah memutuskan bakal calon (balon) untuk diusung dalam pesta demokrasi yang digelar setiap lima tahun sekali itu.

Sejumlah parpol besar pemenang pemilu legislatif 2019 lalu, seperti Partai Amanat Nasional (PAN), Gerindra, Partai Golkar, dan PDIP tampaknya masih mencari figur yang tepat untuk memimpin ibu kota Kalsel ini.

Sebutnya saja, Partai Golkar yang kini santer tersiar khabar tidak hanya akan mengusung dari kadernya sendiri, tapi juga dari luar partai berlambang pohon beringin itu.

Dari nama yang muncul itu seperti H Yuni Abdi Nur Sulaiman dan Hj Ananda yang juga menjabat Ketua DPD Partai Golkar Kota Banjarmasin, sekaligus Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin. Sementara dari luar partai H Haris Makkie yang kini menjabat Sekda Provinsi Kalsel.

Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Banjarmasin, Matnor Ali dihungi KP Minggu (14/6/2020) mengakui, jika partainya menjadi salah satu porpol yang diincar calon kadidat sebagai perahu dalam menyongsong pemilukada walikorta/wakil walikota Banjarmasin.

Berita Lainnya
1 dari 1.390
Loading...

Namun demikian, Matnor Ali menandaskan, dari sejumlah nama calon yang mulai beredar itu, Partai Golkar belum mengeluarkan Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan DPP Partai Golkar menunjuk siapa nama yang nantinya akan dipilih untuk diusung sebagai bakal calon walikota/wakil walikota.

“ Jika sekarang beredar ada sejumlah nama yang muncul seperti si A akan dipasangkan dengan B, tentunya spekulasi itu hal biasa dalam dunia politik,” ujar Matnor Ali yang juga Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin ini.

Kembali MatnorAli menandaskan, hingga saat ini Partai Golkar masih belum mengeluarkan SK dari DPP penunjukkan siapa figur yang nantinya akan dipilih menjadi bakal calon pemilihan kepada daerah walikota/wakil walikota.

Dijelaskan, meski belum ada SK resmi dari pusat, DPD Golkar Banjarmasin sesuai hasil Rapat Kerja Teknis (Rakernis) beberapa waktu lalu, DPD Golkar Kalsel memastikan pada Pemilukada Banjarmasin tahun ini Partai Golkar akan menjadi salah satu peserta yang akan mengusung calon kepala daerah.

“Tahun ini kami Partai Golkar dipastikan menjadi peserta, tidak menjadi penonton. Namun siapa calon dan parpol mana yang akan berkoalisi dengan Golkar, masih dalam tahap komunikasi politik,” bebernya.

Matnor juga menjelaskan, komunikasi politik dengan calon dan parpol lain terus dilakukan mengingat Golkar Banjarmasin perlu berkolalisi dengan Parpol lain untuk memenuhi syarat mengusung calon kepala daerah atau Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin.

“Dalam politik hal biasa jika semuanya berjalan dinamis. Namun yang jelas kami punya banyak kader potensial yang siap memenangkan Pemilukada di akhir tahun 2020 ini,” tandas Matnor Ali. (nid/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya