RSUD Ulin Kewalahan Tampung Pasien Covid-19

Banjarmasin, KP – RSUD Ulin Banjarmasin kini kewalahan menampung pasien Covid-19, karena jumlahnya sudah melebihi kapasitas yang ada.


“RSUD Ulin kewalahan menampung pasien Covid-19,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Saifuddin kepada wartawan usai sidak ke RSUD Ulin Banjarmasin, Selasa (9/6/2020).


Menurut Lutfi, ruangan yang disiapkan untuk pasien Covid-19 sebanyak 250 orang dan ini sudah terpenuhi, sehingga tambahan 15 orang pasien baru yang mau masuk terpaksa harus menunggu perawat mempersiapkan tempat.

Berita Lainnya
1 dari 1.424
Loading...


“Hampir semua ruangan sudah digunakan untuk pasien Covid-19, termasuk IGD yang kini juga digunakan bersama pasien Covid,” ujar politisi Partai Gerindra.


Lutfi mengungkapkan, rumah sakit merencanakan untuk menjadikan Gedung Tulip, yang merupakan ruang kelas III untuk penanganan pasien Covid-19 yang berkapasitas 250 orang.


“Ini kita tolak, karena akan mengorbankan pelayanan kepada pasien umum,” jelas Lutfi didampingi Sekretaris Komisi IV DPRD Kalsel, Firman Yusi.


Ditambahkan, selama pandemi Covid-19 ini, pelayanan RSUD Ulin sudah menurun 50 persen, dimana tidak ada lagi pelayanan operasi dan lainnya. Bahkan IGD juga digunakan pasien Covid-19.


“Bagaimana pasien umum lain, kalau rumah sakit hanya menangani Covid-19, padahal yang sakit juga banyak,” tegasnya.


Hal yang sama juga berlaku di RS Anshari Saleh, dimana IGD dan ruang ICU tidak lagi menampung pasien umum. (lyn/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya