Tanah Laut Bersiap Untuk Penilaian SPB-E

Pelaihari, KP – Dengan meningkatnya indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPB-E), Pemerintah Kabupaten Tanah Laut masuk kedalam 100 nominasi penilaian lembaga dan pemerintah daerah oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), hal tersebut disampaikan oleh Bupati Tanah Laut H. Sukamta dalam arahannya saat memimpin Rapat Pembahasan SPB-E di Ruangan Bupati Tanah Laut Selasa (9/6/2020).

“Ini harus kita tindak lanjuti, peningkatan nilai SPB-E berarti peningkatan nilai reformasi birokrasi,” ujar Kamta.

Lebih lanjut Sukamta juga menyampaikan akan merubah beberapa sistem administrasi menjadi sistem administrasi elektronik diantaranya yakni tata naskah dinas elektronik, disposisi secara elektronik dan tanda tangan secara elektronik.

Berita Lainnya
1 dari 224
Loading...

“Ini sedang dalam proses, beberapa sistem administrasi elektronik tersebut tentu akan menghemat Alat Tulis Kantor (ATK) dan diharapkan akan mempercepat proses administrasi guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya,” Imbuhnya.

Tak lupa Ia juga mengatakan bahwa kebijakan tersebut harus diawali dengan sosialisasi melalui beberapa konten dengan tujuan agar tidak terjadi gagal paham tentang SPB-E sebagai bagian dari sistem pemerintahan.

Rapat yang dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut H. Dahnial Kifli, Assisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat H. Ahmad Hairin, Assisten Bidang Administrasi Umum Safarin dan para Pejabat Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Laut tersebut juga membahas beberapa rencana terkait SPB-E yang kedepannya akan diterapkan sebagai kebijakan.

Diketahui Kabupaten Tanah Laut pada Tahun 2018 memperoleh indeks SPB-E senilai 1,43 yang pada masa itu dirasa sangat kurang, dengan berbagai kebijakan baru, angka tersebut naik menjadi 2,76 pada Tahun 2019, penilaian SPB-E Tahun 2020 akan dilaksanakan pada bulan Juli meliputi tiga aspek penilaian yakni Domain Kebijakan SPB-E, Domain Tata Kelola dan Domain Layanan SPB-E. (rzk/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya