Aliansi Masyarakat Kalsel Tolak RUU HIP

Banjarmasin, KP – Aliansi Masyarakat Kalsel menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang sedang digodok DPR RI, karena berbau komunis dan menafikan peran agama.


“Jadi kita menolak pembahasan RUU HIP, karena akan membangkitkan paham komunis,” kata Koordinator aksi demo, Aspihani Idris kepada wartawan, usai penyampaian poin aksi kepada Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK, Jumat (10/7/2020), di Banjarmasin.


Menurut Aspihani, aksi ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat dengan RUU HIP yang bertentangan dengan TAP MPRS Nomor XXV tahun 1966 tentang Larangan Ajaran Komunisme, Marxisme dan Leninisme serta Larangan terhadap PKI yang hingga detik ini belum dicabut.


“Kita bukan atas nama lembaga atau ormas, namun bagian masyarakat yang peduli dengan RUU HIP,” tegas pria yang berprofesi sebagai pengacara ini.


Untuk itu, pihaknya menghimbau agar Presiden RI, Joko Widodo tetapkan menjalankan UUD 1945 dan menjadikan Pancasila tertanam sebagai dasar negara.

Berita Lainnya

Swab Massal Bebani APBD Kalsel

Hutan Merupakan Modal Pembangunan

1 dari 69
Loading...


“Karena perjuangan rakyat tidak semudah membalik telapak tangan, namun berdarah-darah. Pancasila jangan dirubah,” ujar Aspihani.


Aspihani menyampaikan delapan poin, diantaranya menolak tegas RUU HIP dan mendesak pimpinan DPR RI membubarkan panitia kerja (Panja) serta mencabut RUU HIP tersebut.


“Kita mendesak Presiden mengambil kebijakan dan langkah tegas untuk mencegah dan mengantisipasi kebangkitan komunis dan PKI,” tegasnya.


Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK mendukung langkah aliansi masyarakat Kalsel yang menolak pembahasan RUU HIP, karena bertentangan dengan TAP MPRS Nomor XXV tahun 1996.


“Kita sepakat untuk menolak RUU HIP. Insyaallah, ini tidak dilanjutkan lagi,” tambah politisi Partai Golkar, yang sudah berkoordinasi dengan pimpinan DPR RI.


Sementara itu, pengamanan berlapis sudah disiapkan untuk mengantisipasi aksi demo yang rencananya dimulai pada pukul 14.00 Wita di depan Gedung DPRD Kalsel. (lyn/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya