Jumlah Izin di DPMPTSP Kalsel Meningkat 13

Banjarbaru, KP – Sebelumnya jumlah izin yang boleh dikeluarkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalsel hanya 133, namun mengalami kenaikan menjadi 145 jenis.
Setelah dilakukan identifikasi bersama Biro Hukum Setdaprov Kalsel maka diketahui terdapat 13 jenis izin baru yang boleh dikeluarkan DPMPTSP Kalsel.


“Tambahan izin baru seperti di dinas kesehatan ada izin penyemprotan fogging. Memang izin fogging ini jarang juga, tapi dimasukan dalam list untuk antisipasi siapa tau ada permohonan. Dinas peternakan dan dinas perhubungan juga ada izin yang baru. Semua perizinan harus dimasukan dalam daftar, jika tidak masuk maka kami tidak bisa keluarkan izin. Dasar mengeluarkan izin daftar tersebut,” jelas Kepala DPMPTSP Kalsel, Ir. Nafarin, Jumat (17/7).

Berita Lainnya
1 dari 869
Loading...


Lantas bagaimana dengan perizinan jika Undang-undang Omnibus Law berlaku? Menurutnya, sebelum Undang-undang Omnibus Law keluar pada sektor pertambangan sudah ada undang-undang no 3 tahun 2020.


Melalui UU 3/2020 tersebut disebutkan pemerintah daerah tidak boleh lagi keluarkan izin baru. Diakuinya terdapat pasal yang menyatakan pemerintah pusat bisa mendelegasikan kepada pemerintah daerah, namun teknis pelaksanaan belum diatur melalui peraturan pemerintah (PP) atau peraturan menteri (permen).


“Sementara ini kita hanya dibolehkan perpanjangan izin lama, izin baru tidak boleh termasuk izin galian c,” pungkasnya.(mns/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya