PPDP Coklit Perdana di HST Datangi Kediaman Bupati

Barabai, KP – Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mendatangi kediaman Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H A Chairansyah dalam rangka Pencocokan dan Penelitian (coklit) serentak, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Turut hadir Ketua KPU HST Johransyah dan anggota, Sekretaris KPU Rusdianto, Komisioner Abd Hadi, Ketua Bawaslu Mailinasari , Lurah Barabai Timur, Lurah Barabai Selatan dan Anggota PPDP.

Berdasarkan daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4), jumlah warga Kabupaten HST yang memenuhi syarat sebagai pemilih sebanyak 190.238 pemilih. 

Data tersebut selanjutnya diverifikasi lagi oleh PPDP sehingga mendapatkan jumlah akurat untuk dijadikan sebagai daftar pemilih sementara (DPS).

“Nanti petugas yang mencocokan dengan data kependudukan berupa KK (Kartu Keluarga) ataupun KTP elektronik. Ketika ada kesalahan data akan diperbaiki. Petugas juga akan menyisir warga yang belum terdaftar. Nanti mereka akan didaftarkan. Kalau ada perpindahan, akan disesuaikan dengan administrasi terakhir,” tutur Johransyah.

Jumlah PPDP yang melakukan pemutakhiran data pemilih di Kabupaten HST sebanyak 634 orang. Di setiap rumah yang sudah dilakukan coklit akan diberi tanda berupa stiker.

Berita Lainnya

Sinergi Pembinaan Pelaksana Gebrak Masker

1 dari 287
Loading...

Bupati HST mengingatkan kepada para PPDP agar memerhatikan protokol kesehatan selama melaksanakan tugas pemutakhiran data pemilih karena saat ini masih berada pada masa pandemi covid-19.

“Gunakan selalu APD (alat pelindung diri) untuk mengantisipasi berbagai hal yang bisa menyebarkan virus corona,” ucapnya.

Bupati Chairansyah didampingi istri Hj Ernawati Chairansyah tampak antusias menyambut kehadiran PPDP. Bupati menyerahkan KTP dan KK untuk diteliti dan dicocokkan dengan data yang ada. 

“Semoga Pilkada 2020 di Kabupaten HST bisa berjalan lancar dan sukses di semua tahapan hingga nanti pemungutan suara,” kata Chairansyah.

Usai itu dilakukan penempelan stiker Coklit di depan rumah yang terletak di Jalan Bhakti tersebut dan diketahui bupati akan mengunakan hak pilih di TPS 4 Kelurahan Barabai Selatan.

Kegiatan Coklit terangnya merupakan tahapan penting guna melihat berapa jumlah pemilih yang terdaftar dan punya hak politik nantinya. 

Bupati berharap agar kegiatan Coklit dapat berjalan dengan sukses, aman dan lancar dan didukung penuh oleh masyarakat. 

Kegiatan Coklit sejak dimulai, akan berakhir pada 13 Agustus, setelah itu diketahui Daftar Pemilih Sementara (DPD) dan selanjutnya akan diteruskan dengan penetapan Daftar Pemilih Tetap. (adv/ary/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya