Berbagi Daging Qurban Masa Covid-19, Bentuk Kepedulian Sesama

Tanjung, KP – Meski berada di tengah mewabahnya Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) khususnya Kabupaten Tabalong di Hari Raya Idul Adha 1441 H tahun ini kembali membagikan ribuan daging qurban kepada masyarakat sekitar.

Prosesi ibadah yang dimulai dari Sholat ID, hingga pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban tetap dilaksanakan dengan menggunakan protokol kesehatan dengan tertib sesuai anjuran pemerintah, yakni dengan shaf sholat yang berjarak, menggunakan alat cek suhu tubuh ketika masuk likasi, hingga menggunakan masker.

Usai pelaksanaan sholat Id, warga diingatkan untuk terus mematuhi protokol kesehatan di setiap keadaan, termasuk untuk tidak bersalaman sebagaimana hari raya biasanya antar jama’ah.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII Kabupaten Tabalong Suprasongko HS menjelaskan, pihaknya terus melakukan himbauan kepada warganya untuk dapat memenuhi protokol kesehatan dalam segala hal, “di masa pandemi Covid-19 ini kita terus menghimbau khususnya kepada warga kita utuk mematuhi anjuran pemerintah melaksanakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 173
Loading...

“Selain itu bentuk taat kepada pemerintah yang sah, juga tentu sangat bermanfaat bagi warga itu sendiri agar bisa terhindar dari sebaran Covid-19, dan hal ini terus kita sampaikan dan juga kita berlakukan peraturan yang ketat, mulai dari program hingga pengawasan,” terang Suprasongko.

Dicontohnya, saat pelaksanaan sholat ID yang baru saja dilaksanakan, semua kegiatan sholat, mulai dari makmun dengan jaga jarak sholat, hinga imam juga wajib menggunakan masker. “Setiap masuk lokasi sholat maupun penyembelihan harus dicek suhu tubuh dulu menggunakan thermo gun, jika memungkinkan baru diijini ikut kegiatan, baik sholat maupun pemotongan hewan qurban,” terangnya.

“Tidak hanya pada sholat Idul Adha, penerapan protokol kesehatan juga kita terapkan kepada warga saat sholat lima waktu sehari-hari, dan Alhamdulillah, ini sudah kita terapkan sudah cukup lama, dan warga disini sudah terbiasa,” ujar Suprasong sekaligus menjelaskan bahwa itu berlaku untuk semua Pimpinan Cabang (PC) LDII se-Kabupaten Tabalong.

Terkait pelaksanaan ibadah qurban hari itu, Suprasongko menjelaskan untuk Kabupaten Tabalong tahun ini menyembelih qurban sebanya 25 ekor sapi, “Alhamdulillah, pada hari raya Idul Adha 1441 H tahun ini warga kita dapat menyembelih hewan qurban sebanyak 25 ekor sapi, yang tesebar di seluruh PC dan PAC LDII se-Kabupaten Tabalong,” ujarnya.

“Ini memang berkurang dari tahun sebelumnya, dimungkinkan kerena dampak Covid-19, kalau tahun lalu warga kita mampu berqurban 30 ekor lebih,” ungkap Suprasongko.

Selebihnya, Suprasongko menjelaskan bahwa setiap tahunnya pihaknya memberikan motivasi pengadaan hewan qurban untuk warganya dengan kembali mengingatkan dalil bagaimana sejarah dan pahalanya dalam berqurban dan juga daging qurban didistribusikan kepada warga sendiri dan sebagian besar untuk masyarakat sekitar dan teman-teman dekat lainnya, termasuk membantu panti asuhan dan lain-lain. (ros/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya