Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

Bergabung Orang Hebat, Upaya Tidak Menghianati Hasil, Polda Kalsel Terus Brangus Narkotika

×

Bergabung Orang Hebat, Upaya Tidak Menghianati Hasil, Polda Kalsel Terus Brangus Narkotika

Sebarkan artikel ini
Kapolda, Irjen Pol Nico Afinta, dibelakangnya, AKBP Budi Hermanto (kiri) dan Kombes Pol Iwan Eka Putra (kanan)

MASIH ingat dan tak terlupakan prestasi terbesar sepanjang sejarah Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) atas pengungkapan 300 Kilogram narkotika jenis shabu shabu terbuat dalam sejumlah karung.

Itu ketika di halaman parkir Hotel Sienna Inn, pada Kamis (6/8/2020) lalu.

Tak hanya bikin salut warga umum, organisasi masyarakat, tokoh agama atas prestasi penyelamat generasi penerus bangsa dari bahaya narkotika.  

Bahkan pula diapresiasi Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor bersama Forkopimda.

Lantas bagaimana pengungkapan itu bisa terjadi, yang tentu tak mudah seperti ibarat “membalik telapak tangan”.

Kemudian berawal dari mana saja dan siapa-siapa “dibalik layar” hingga suka-duka pengungkap di lapangan sampai shabu itu di Kota Banjarmasin Provinsi Kalsel.

Kata yang terlontar pertama “Upaya Tidak Akan Menghianati Hasil”.

Takad memberantas narkoba inipun, tak lepas siapa sosok pucuk pimpinnya, didukung orang-orang di sekelilingnya hingga jajaran.

Kapolda Kalsel, Irjen Pol Nico Afinta, adalah yang selalu memberikan sprit dan arahan.

Selama menjabat, tak hanya menyoal sub narkoba saja. Namun, juga masalah tindak pidana umum dan pidana khusus menjadi perhatiannya.

Itu demi ketenangan, keamanan ketertiban di masyarakat dengan menggerakan personel selalu di lapangan melindungi, mengayomi masyarakat.

Lainnya juga secara khusus masalah pengawasan, pencegahan, yang menjadi perhatian pemerintah pusat maupun daerah.

Baik soal antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), pencagahan serta percepatan penuntasan penyebaran virus Corona (Covid-19) hingga soal akan berlangsungnya pesta demokrasi yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Sosok Irjen Pol Nico Afinta, diketahui pula pernah membongkar serta menggagalkan peredaran shabu-shabu dalam jumlah satu ton saat menjabat Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya hingga pengungkapan kasus-kasus besar lainnya saat ia menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum di Polda yang sama.

Baca Juga:  Temu Mapala se Indonesia Ditutup Paman Birin

Kini apa arahan kapolda, menjadi perhatian serius orang-orang di sekelilingnya untuk melangkah dan penindakan.

Seperti Kombes Pol Iwan Eka Putra, sebelum menjabat Direktur Resnarkoba Polda Kalsel, pernah menjabat di Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) di daerah lain dengan banyak pengungkapan jaringan narkoba.

Kemudian AKBP Budi Hermanto SIK MSi, yang akrab disapa Buher, Wadir Resnarkoba, yang sebelumnya baik di Polda Metro Jaya maupun menjabat Kapolres di wilayah Polda Jawa Timur, banyak juga pengungapan dan prestasi.

Kemudian AKBP Ugeng S, kini jabat Kasubdit II Dit Resnarkoba Polda Kalsel.

AKBP Ugeng, dari sebelumnya menjabat Kasubdit I, juga beberapa kali mengungkap narkoba dalam jumlah besar.

Untuk pengungkapan yang 300 kilogram ini pula, AKBP Budi Hermanto dan AKBP Ugeng S, hampir sebulan tak pulang ke rumah, hanya demi melacak, mengikuti jejak peredaran narkotika internasional.

Keberhasilan tentunya tak lepas koordinasi Kapolda Kalsel dengan Tim Satuan Tugas khusus (Satgassus) Bareskrim Polri dan Dit Resnarkoba Polda Metro Jaya.

“Semua berawal dari surveillance (pengawasan) di Sintang, Pontianak. Lalu beralih ke Tanjung Selor dan berakhir di Banjarmasin,” ungkap AKBP Budi Hermanto. alumni Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan 2000 ini.

Memang lanjutnya, lebih kurang satu bulan melakukan surveillance. “Dalam penyelidikan pastinya ada suka duka,” ucap Buher yang juga pernah bertugas di Polda Metro Jaya dan dikenal karena penuh prestasi.

Bahkan dulunya dipercaya menjadi Kanit Bunuh Culik Subdit Jatanras Dit Reskrimum Polda Metro Jaya.

Pada bagian lain ditanya apa sukanya ?. Ia jawab karena bergabung bersama tim dan orang-orang yang hebat.

“Tak lepas support full dari Pak Kapolda, Wakapolda dan Direktur,” ucapnya lagi.

Baca Juga:  Habib Umar Bertekad Sejahterakan Masyarakat

Kemudian untuk hambatan dalam pengungkapan pada waktu itu dikatakan, tidak ada.

“Hanya salut saja pengorbanan tim yang harus tetap bekerja disaat itu Hari Raya Kurban, harus berpisah dengan  keluarga.

Tapi semua itu terobati, karena upaya tidak akan  menghianati hasil,” ungkap AKBP Budi Hermanto.

Diketahui sejak tanggal 9 Juli 2020, tim mendalami informasi adanya narkotika yang akan masuk di Kalsel.

Kemudian, tim berhasil menangkap dua orang tersangka berinisal AY dan S.

Dari dua tersangka tersebut di kembangkan dan menangkap lagi dua tersangka dengan inisial A dan R di parkiran Hotel Siena In Banjarmasin. Barang bukti 10 karung yang kemudian ditimbang dengan total 300 kilogram.

Sedangkan Kombes Pol Iwan Eka Putra sebutkan, aringan diduga dari Malaysia, terus berupaya ditelusuri dan kembangkan kasusnya.

“Iya kita terus analisa, meski sulit karena jaringannya tertangkap otomatis alat komunikasi hilang semua.

Namun kita berupaya semaksimal mungkin untuk mengembangkan,” katanya.

Untuk barang bukti, dititipkan ke Direktorat Tahti Polda Kalsel, dengan penjagaan ketat atas perintah Kapolda Kalsel.

“Barang bukti dijaga Brimob dan Provost Polda Kalsel, dan tersangka masih di tahanan Polda Kalsel untuk dilakukan pemeriksaan yang mendalam,” tambahnya.

Ditanya peran dari empat tersangka, ia menyebutkan dua orang asal Kotabaru berinisial AY dan S penjemput barang pertama di Kaltara.

Dan dua orang lainnya A dan R yang berasal dari Balikpapan adalah penerima barang di Banjarmasin.

“Jaringan tidak saling bertemu, namun mereka saling tahu dan saling menginformasikan, biasanya mereka memang sudah pernah melakukan, tetapi mungkin mereka main di daerah lain.

AY dan S ini belum pernah main di daerah Tanjung Selor, dan memang kerja jaringan seperti itu berputar-putar dan acak.

Baca Juga:  Masyarakat Kalsel Terayomi dengan Peduli TNI dan Polri Tebarkan Sembako

Penerima di Banjarmasin A dan R belum tahu barang akan dibawa kemana, namun kalau sudah diterima ada perintah lanjutan,” ucap Iwan.

Atas keberhasilan ini pula massa, tergabung di Forpeban (Forum Rakyat Peduli Bangsa) dan Ikatan Pemuda Pemudi Indonesia (IPPI) Kalsel yang bergerak melakukan aksi, Kamis (13/8/2020) lalu suarakan permasahan di banua.

Akan tetapi ketika di Mapolda Kalsel menyatakan dukungan dan bangga serta ucapan terimakasih atas ketegasan serta keseriusan dalam melakukan penindakkan narkotika itu.

“Kami dari Forpeban merasa bangga terhadap Pak Kapolda, yang tegas. Terlebih baru menjabat sudah bergerak bersama jajaran Dit Resnarkoba mengungkap 300 Kilogram shabu-shabu.

Ini luar biasa dan terbesar sepanjang sejarah Polda Kalsel. Terimakasih kami sebagai warga banua,” ucap Ketua Forpeban Kalsel, H Din Jaya.

Dari itu pula katanya, terselamatkan jutaan generasi penerus dari bahaya narkoba.

“Terus bergerak dan usut tuntas hingga ke akar-akarnya,” ujar Din Jaya, yang disahut massa lainnya setuju…!!

Massa juga memberikan piagam penghargaaan yang diserahkan dari perwakilan perempuan, atas keberhasilan Dit Resnarkoba. (Aqli)

Iklan
Iklan