Bupati Balangan Letakkan Batu Pertama Pembangunan Ponpes Al-Karamah

Paringin, KP – Bupati Balangan, H Ansharuddin bersama Bupati Tabalong yang diwakili Asisten III Setdakab Tabalong Rahmadi Amir letakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Karamah Desa Mundar kecamatan Lapmpihong, Kamis (13/08/2020).

Hadiri dalam kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Ponpes Al-Karamah dan pecan amal, selain Bupati Balangan H Ansharuddin hadiri juga Asisten III Setdakab Tabalong Rahmadi Amir, Pembina dan pengurus Yayasan Al-Karamah, Habib Husien, forkopimcam Lampihong dan Pugaan, alim ulama dan tokoh masyarakat Desa Mundar dan Pampaman serta warga masyarakat sekitar.

Pembina Yayasan Pondok Pesantren Al-Kamarah, KH Salman LC menyampaikan, pembangunan Ponpes Al-Karamah ini terletak didua desa perbatasan, yakni Desa Mundar kecamatan Lampihong dengan Desa Pampanan kecamatan Pugaan kabupaten Tabalong. Sehingga oleh panitia (yayasan, red) mengundang kedua kepala daerah dalam peletakan batu pertama.

Disebutkannya, pembelajaran di Ponpes Al-Karamah Desa Mundar kecamatan Lampihong ini agak sedikit modern.

“Jadi belajar di Ponpes Al-Karamah tidak hanya belajar ilmu agama tapi ada juga ilmu umum lainnya, seperti belajar Bahasa inggris dan yang lainnya,” jelasnya.

“Kami juga berharap dalam pembangunan ponpes ini ada mendapat dukungan dari semua pihak, seperti pemerintah kabupaten Balangan dan Tabalong,” katanya.

Sementara, dalam sambutannya, Bupati H Ansharuddin mengatakan, pondok pesantren memiliki kontribusi yang nyata dalam pembangunan pendidikan nasional, khususnya dalam melahirkan generasi generasi muda yang cerdas dan islami. Apalagi dilihat secara historis, pondok pesantren memiliki pengalaman yang sangat luar biasa dalam membina dan mengembangkan masyarakat. Bahkan pondok pesantren mampu meningkatkan peranannya secara mandiri dengan mengali potensi yang dimiliki masyarakat itu sendiri.

Berita Lainnya
1 dari 273
Loading...

“Sya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Yayasan Al-Karamah atas pembangunan pesantren ini. Semoga dengan pembangunan ini nanti, akan melahirkan generasi generasi yang cerdas dan berakhlalul kharimah.Aamiin” ujar bupati dalam sambutannya.

“Saya berharap pondok pesantren di Desa Mundar dan Desa Pampanan ini bisa terus melakukan pendidikan dengan baik dan maksimal, karena ponpes berperan besar dalam pembangunan dan peningkatkan kualitas akhlak sumber manusia kita,” katanya.

Orang nomor satu di Balangan juga berpesan kepada pengelola yayasan dan para pendidik untuk bisa memberikan nilai lebih (plus) atas keberadaan Ponpes Al-Karamah ini.

“Kalau bisa kurikulumnya mengacu dengan pondok pesantren modern. Jadi berikan nilai plusnya keberadaan Ponpes Al-Karamah ini, seperti ada kelas tahfidz atau Bahasa inggrisnya mungkin juga yang lain.” imbuhnya.

Sehingga para santre, khususnya yang ada disekitar wilayah kabupaten Balangan, Amuntai dan Tabalong yang ingin menuntut ilmu di pondok pesantren bisa masuk ke Ponpes Al-Karamah ini.

Di kesempat itu pula, dalam penggalangan dana yang dikemas dengan kegiatan lelang berbagai macam makanan (kue, red) kepada masyarakat yang berada di lokasi acara.

Yang membuat kegiatan ini berbeda, Bupati Balangan, H Ansharuddin ikut ambil bagian untuk menjadi juru lelang macam macam yang dijual panitia.

Hasilnya pun tak mengecewakan, dari macam makan yang terjual berhasil terkumpul dana sekitar Rp. 35 juta.

Selain membantu melelang macam makanan , dalam kesempatan ini Bupati Balangan H Ansharuddin atas nama pemerintah daerah kabupaten Balangan memberikan bantuan dana hibah sebesar Rp 100 juta. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya