Dewan Serahkan Dua Raperda ke Kemendagri

Jakarta, KP – DPRD Kalsel menyerahkan dua rancangan peraturan daerah (Raperda) ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendapatkan finalisasi, sebelum disahkan menjadi Perda.


Raperda tersebut adalah Raperda Perlindungan Budaya dan Tanah Adat, dan Raperda Kebun Raya Banua, yang diserahkan langsung ketua dan wakil ketua panitia khusus pembahasan raperda tersebut, kemarin.


Ketua Pansus Raperda Perlindungan Budaya dan Tanah Adat, HM Lutfi Saifuddin mengatakan, dengan diserahkannya draft finalisasi Raperda ini diharapkan dapat segera mendapatkan nomor registrasi Kemendagri, sehingga fasilitasi yang mengatur masyarakat adat yang ada di Kalsel dapat terealisasi.

Berita Lainnya
1 dari 135
Loading...


“Diharapkan Raperda ini dapat segera terselesaikan dan digunakan untuk pelestarian kebudayaan di Kalsel,” kata politisi Partai Gerindra.


Selain itu, juga bagaimana memfasilitasi masyarakat adat yang ada di Kalsel, agar tetap bisa berjalan dan bersinergi dengan kepentingan-kepentingan lain, seperti adanya gesekan-gesekan yang terjadi antara pengusaha dengan masyarakat adat, sehingga kehadiran perda ini menjadi jalan tengah.


Sementara itu Ketua Pansus Raperda Kebun Raya Banua, H Suwardi Sarlan merasa bersyukur dengan diserahkannya draft Raperda tersebut sehingga diharapkannya pengembangan Kebun Raya Banua dapat berjalan.


“Mudah-mudahan finalisasi ini segera rampung, karena keberadaan Perda ini menyangkut kepentingan banua, agar kebun raya dapat terakselerasi untuk kepentingan banua,” kata politisi Partai Persatuan Pembanguan (PPP).


Hal senada diungkapkan Wakil Ketua Pansus Zulva Asma Vikra, dimana kebun raya banua diharapkan mampu menjadi kebun raya kebanggaan masyarakat Kalsel.


“Kami berharap perkembangan kebun raya banua ini bisa cepat, kita menghendaki dalam beberapa tahun kedepan bisa berkembang, adanya jasa lingkungan, eco wisata, pengembangan konservasi anggrek, buah-buah lokal, dan ini bisa menjadi barometer di Kalimantan, menjadi semacam ecosendrum buah-buah lokal kalimantan,” tambah politisi Partai Demokrat. (lyn/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya