Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru Mulai Gelar Swab Massal

Banjarbaru,KP- Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan Swab Massal se-Kab/Kota dengan jumlah pengambilan sampel 10.000 spesimen. Acara yang digelar serentak pada hari ini digelar dengan bertepatan peringatan Hari Jadi Provinsi Kalsel serta untuk menyambut HUT Ke-75 RI.

Kota Banjarbaru sendiri, pengambilas tes swab dipusatkan di Kantor Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru dengan total 834 spesimen yang akan diambil masyarakat yang mengikuti tes ini terlebih dahulu mengisi formulir data diri untuk didata oleh Dinkes Kota Banjabaru, dan diwajibkan melaksanakan protokol kesehatan, yang kemudian secara bergiliran akan dipanggil dan diambil semperl dibagian mulut dan hidung dengan kapas Dakron.

Kepala Dinas Kesehatan Rizana Mirza menjelaskan, masyarakat g menjalani tes ini adalah warga yang memenuhi beberapa kriteria, seperti mengalami gangguan kesehatan, pernah melakukan kontak dengan pasien terkonfirmasi Covid-19, masyarak tersupect ISPA, dan masyarakat yang berstatus probable atau memiliki penyakit pneuomonia.

“Untuk hari ini tes swab masif di Banjarbaru dilakukan secara bertahap dengan sistem pembagian di 5 Kecamatan. Khusus hari ini ialah masyarakat di Kecamatan Banjarbaru Utara dan Kecamatan Banjarbaru Selatan,”katanya,Jum’at (14/08/2020).

Khusus untuk Kecamatan Banjarbaru Utara dan Selayan ada 163 orang yang menjalani tes swab, dan untuk Kecamatan lainnya akan dilanjutkan besok, karena memang tidak mungkin semua digelar secara bersamaan, kata Rizana.

Berita Lainnya

Lagi, Gebrak Masker di Sungai Sumba

1 dari 357
Loading...

Bagi masyarakat di Kecamatan Landasan Ulin dan Kecamatan Liang Anggang, dengan lokasi pelaksanaan tetap dipusatkan di Kantor Dinkes Banjarbaru. Sementara untuk di Kecamatan Cempaka, lokasi pelaksanaan tes swab akan dilakukan di Puskemas Cempaka. Karena mempertimbangkan jarak tempuh warga.

Dengan terget alokasi 834 spesimen di Banjarbaru, Rizana memperhitungkan bahwa jumlah masyarakat yang menjalani tes swab justru akan melebihi target. Pasalnya, sebelum pelaksaan tes swab masif hari ini, lebih dulu tes swab digelar dengan menggandeng BUMN BNI sebelumnya sudah menggelar tes swab terhadap 700 lebih masyarakat Banjarbaru.

“Dengan adanya penambahan pelaksaan hari ini dan besok, sudah jelas target alokasi 834 spesimen itu terpenuhi. Kegiatan tes swab masif ini memang dianjurkan lebih dulu dilaksanakan sebelum jadwal yang ditentukan. Anggap saja hari ini adalah launchingnya, betepatan dengan Hari Jadi Provinsi Kalsel,” lanjutnya.

Hasil sampel ini nantinya akan dikirim ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin, untuk selanjutnya diuji menggunakan alat PCR. dan untuk yang teronfirmasi positif maka akan dikarantina di gedung LPMP, Bapelkes, BPSDM, dan Balai Karantina di Jalan Ambulung.

” Atau kalau memungkinan, masyarakat yang dinyatakan terpapar bisa mengajukan isolasi mandi, tapi dengan pengawasan harus ketat,” ujarnya. (Dev/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya