FK ULM Bahas Kendala Pengumpulan Data Masa Pandemi

Banjarbaru, KP – Departemen Biostatistika dan Kependudukan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM menyelenggarakan Web Seminar Series Ketiga dalam rangka Dies Natalis Ke-30 FK ULM, dengan tema ”Pemanfaatan Data Kesehatan Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19”, 11 Agustus 2020 kemarin.

Webinar ini menghadirkan 5 pembicara, yakni dr Lutfan Lazuardi MKes PhD dari UGM, Dr Dr Sabarinah MSc dari UI, Dr Besral SKM MSc dari UI, Indra Dwinata SKM MPH dari Unhas dan Musafaah SKM MKM dari ULM. Kegiatan dibuka Dekan FK ULM Dr dr Iwan Aflanie SpF MKes.

Laporan ketua panitia disampaikan Laily Khairiyati SKM MPH mengatakan, salah satu tantangan pelaksanaan penelitian pada pandemi Covid-19 adalah kesulitan pengumpulan data primer yang mengharuskan peneliti turun ke lapangan.

”Sehingga pemanfaatan data sekunder menjadi alternatif terbaik jadi data penelitian,” katanya.

Webinar dihadiri secara online peserta yang berasal dari kalangan akademisi, seperti dosen dan mahasiswa serta peserta umum, antara lain praktisi dan peneliti dari berbagai daerah. Sebanyak 658 peserta mengikutinya via zoom VC dan youtube live streaming.

Berita Lainnya

Wawali Gebrak Masker di Depan Balai Kota

RSUD Idaman Layani Pasien Non Covid-19

1 dari 348
Loading...

Lutfan Lazuardi dari UGM memaparkan tentang Pemanfaatan Analisis Spasial Kesehatan Masyarakat dengan Pendekatan Literature Review. Menurutnya, Bigdata sebagai salah satu solusi pada masa pandemi. Alternatif lainnya dapat bersumber dari internet, bahkan media sosial.

”Poin penting jadi tantangan adalah masalah teracity dan hoax, untuk itu perlu ada mekanisme pemanfaatan data dengan kata kunci yang tepat,” pesannya.

Sabarinah dan Besral dari FKM UI memaparkan materi Pemanfaatan Data Survei Nasional pada Masa Pandemi Covid-19. Disampaikan, hampir seluruh sumber data nasional dapat diakses gratis oleh peneliti dengan mekanisme pengajuan tertentu.

”Namun perlu mencari celah, agar tercipta bahasan yang kreatif,” tandasnya.

Dari FKM Unhas Indra Dwinata menyampaikan materi Analisis Spasial Data Covid-19 Menggunakan Aplikasi GIS Software Open Source. Fungsi GIS dalam bidang kesehatan adalah memonitor status kesehatan, sebaran penyakit, investasi masalah dan risiko di masyarakat. Pembicara kelima Musafaah dari PSKM FK ULM memaparkan soal Manajemen Data Riset Kesehatan Masyarakat. Menurutnya siklus manajemen data perlu diperhatikan dengan baik.

Webinar ini disambut antusias seluruh partisipan, terlihat dari peran aktif mereka sepanjang diskusi seminar secara virtual tersebut. (Wan/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya