Goweser Mulai Abaikan Protokol Kesehatan

Himbauan menerapkan protokol kesehatan memang sudah dilakukan yang paling utama menggunakan masker saat mengumpulkan massa selalu dihantui sikap abai dan lalai

BANJARMASIN, KP – Ratusan goweser berkumpul di depan balaikota kemarin, Minggu, (23/08/2020) pagi. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara hari lahir Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke – 22. 

Tak hanya masyarakat umum, sejumlah politikus dari PKB juga berhadir di acara tersebut. Tak terkecuali Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina sebagai kepala daerah.

Para goweser tumpah ruah memadati ruas jalan RE Martadinata depan balaikota pagi itu. Jumlah dirasakan sekitar 200 goweser. Sebelum start dimulai, mereka asyik bercengkrama, mengobrol satu sama lain.

HImbauan untuk menerapkan protokol kesehatan memang sudah dilakukan. Paling utama pesepeda harus penggunaan masker misalnya. Namun, aktivitas mengumpulkan massa selalu dihantui sikap abai dan lalai.

Saking asiknya aturan-aturan untuk menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak, penggunaan masker terlebih saat berkomunikasi menjadi kendor.

Berita Lainnya
1 dari 1.621

Buktinya, meski belum mengayuh sepeda, masker yang dikenakan goweser kebanyakan digantung di leher. 

Padahal Pemko Banjarmasin getol menyuarakan soal pengetatan protokol kesehatan. Bahkan sampai-sampai pada perayaan 17 Agustus, Ibnu mengeluarkan surat edaran. Terkait tata cara pelaksanaan acara tujuh belasan. 

Termasuk pelarangan lomba yang biasanya digelar pada saat tujuh belasan di masyarakat, seperti naik pinang, tarik tambang, atau yang lainnya, karena dikhawatirkan dapat berpotensi mengumpulkan orang dalam jumlah banyak.

Namun, rupanya pelarangan pengumpulan orang banyak tak berlaku untuk kegiatan gowes pagi kemarin. Alasannya sederhana, karena acara itu merupakan kegiatan olahraga.

“Olahraga kan masih diperkenankan. Tetapi dengan tetap menjaga jarak. Dan pakai masker. Kalau yang kemarin itu (tujuh belasan) kami ada imbauan. Melaksanakan secara virtual saja. Makanya ada lomba lagu perjuangan secara online,” ujar Ibnu Sina.

Adapun anggota DPR RI fraksi PKB Tommy Kurniawan yang juga turut berhadir dalam kegiatan mengungkapkan bahwa, gowes yang diadakan itu merupakan upaya pihaknya dalam membantu pemerintah dalam mengkampanyekan hidup sehat kepada masyarakat.

“Kami ingin campaign masalah kesehatan di masa pandemi ini. Dari PKB bersama walikota care terhadap perlindungan kesehatan. Dimulai dari diri kita sendiri, dengan cara berolahraga,” tukasanya. (sah/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya