Hari Pramuka ke-59, Ansharuddin Jadi Inspektur Upacara

Paringin, KP – Apel peringatan hari Pramuka ke-59 di Kabupaten Balangan digelar secara sederhana dan terbatas, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Minggu (16/08) di Lapangan Martasura Paringin.

Sebelum mengikuti apel, para peserta apel terlebih dahulu mengikuti prosedur protokol kesehatan seperti, menyuci tangan dan wajib mengenakan masker. Selain itu, pengaturan jarak dalam barisan juga diberlakukan.

Bupati Balangan, H Ansharuddin yang merupakan Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicap) Gerakan Pramuka Balangan, bertindak selaku Inspektur Upacara yang pada kesempatan itu membacakan sambutan tertulis Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn.) Drs. Budi Waseso.

Disampaikan bupati, tema Hari Pramuka ke-59 “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara” dimana tema tersebut juga menjadi tema utama seluruh aktifitas kegiatan gerakan pramuka pada tahun 2020 ini. Tema ini merupakan perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19 yang sampai dengan saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia.

Dikatakannya, gerakan pramuka lahir sejak 59 tahun yang lalu, gerakan ini merupakan gerakan sebuah organisasi pendidikan karena itu untuk melengkapi pendidikan informal di lingkungan keluarga dan masyarakat serta pendidikan formal di institunsi-institunsi pendidikan formal.

Berita Lainnya
1 dari 273
Loading...

Meskipun gerakan pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan, yang fokus pada pendidikan bagi anak-anak dan remaja dan bukan organisasi bantuan sosial. Gerakan pramuka tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan bhakti sosial, bhakti masyarakat dan pembangunan masyarakat.

Menurut dia, hal tersebut sejalan dengan kode kehormatan gerakan pramuka berupa dwi satya dan Try Satya serta Dwi Dharma maupun Dasa Dharma Pramuka yang pada bagian utamanya adalah untuk menekankan kepada para pramuka agar dapat menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri serta ikut membangun masyarakat.

“Sikap siap menolong dan membantu yang dilakukan sejak usia muda diharapkan dapat menumbuhkan sifat empati dan pengertian bertoleransi dan hidup damai bersama seluruh komponen bangsa tanpa memandang perbedaan yang ada baik suku, agama, ras maupun aspirasi politik. Itulah sebabnya sejak terjadi wabah Covid-19, gerakan pramuka selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangan,” katanya.

Dikesempat itu juga Bupati H Ansharuddin menyampaikan akan membangunkan gedung untuk pramuka yang lokasinya disekitar perkantoran kecamatan Paringin dan PDAM.

“Insya Allah, ditahun 2021 nanti akan kita bangunkan gedung untuk pramuka dan lokasi disekitar perkantoran kecamatan Paringin dan PDAM,” imbuhnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain Dandim 1001/Amt-Blg, perwakilan dari Polres Balangan dan para Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran). (jun/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya