Dampak Pandemi Covid-19
Kalsel batal jadi tuan rumah Popwil Wilayah III

Akibat pandemic covid-19 yang melanda semua Negara di dunia, berdampak bagi Kalimantan Selatan yang akhirnya batal jadi tuan rumah Popwil III

Banjarmasin, KP – Setelah sempat beberapa kali mengalami penundaan ajang Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) III, dimana Kalimantan Selatan ditunjuk sebagai tuan rumah akhirnya dibatalkan.

Hal ini berdasarkan kesepakatan bersama Dinas Pemuda dan Olahraga Se Indonesia yang digelar pertemuan virtual beberapa waktu lalu.

Kabid Peningkatan Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel M Fitri Hernadi mengatakan, adanya pandemi covid-19, maka untuk pelaksanaan kegiatan olahraga Popwil di batalkan sementara, untuk Popda (Pekan Olahraga Pelajar Daerah) juga terpaksa diundur.

Alasan dibatalkan pelaksanaan Popwil tersebut, karena hanya ada beberapa wilayah saja menganggarkan untuk mengikuti Popwil. Sedangkan, Provinsi Kalimantan Selatan telah menganggarkan sebagai tempat penyelenggaraan.

“Kalau tidak salah hanya Jawa Tengah yang anggarannya siap sementara daerah lain dialihkan ke penanganan covid,” ujar Fitri Hernadi, mantan Nanang Banjar Kalsel asal Kabupaten HSU ini.

Dengan tidak adanya pelaksanaan Popwil, maka seluruh cabang olahraga diminta mengambil kuota Popwil tahun 2018 lalu. Kuota tersebut diambil untuk mengikuti Popnas 2021 mendatang di Bangka Belitung dan Palembang Sumatera Selatan.

Mengenai Popda Kalsel tetap akan berlanjut namun pelaksanaannya yang rencana di gelar April, kemungkinan besar akan digelar Oktober 2020 ini.

Berita Lainnya
1 dari 231
Loading...

Popwil dan Popda akan menggelar delapan cabang olahraga yakni tenis meja, tenis lapangan, pencak silat, bola basket, bola voli, sepakbola, sepak takraw dan bulutangkis.

Popwil diikuti sejumlah provinsi yang tergabung dalam wilayah III saja seperti

Bali, Jawa Tengah, Jogjakarta, Kalsel, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara.

Popwil ini kata Fitri merupakan babak kualifikasi menuju Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) nanti.

-B.Masin targetkan juara umum

Terpisah, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Kota Banjarmasin, Taufik Rifani menyatakan kontingen ibukota provinsi Kalsel ini, pasang target merebut gelar juara umum pada Popda bulan Oktober tahun 2020 nanti.

Optimisme tersebut, kata Taufik yang didampingi staf, Riduan berdasarkan evaluasi pada cabor-cabor yang akan diikuti Tim Banjarmasin Baiman.

‘’Ada beberapa cabor andalan Kota Banjarmasin ‘’Barasih wan Nyaman’’ yang diyakini akan mampu menunjukkan prestasi terbaik, seperti yang telah diperlihatkan atlet-atlet pelajar Banjarmasin pada beberapa ajang Popda sebelumnya,’’ paparnya tanpa menyebutkan nama cabor yang diprediksi mempersembahkan medali terbaik. (nets/nfr/k-9)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya