DPMD Pulang Pisau Motivasi Warga Sei Bakau

Pulang Pisau, KP – Dalam rangka menjalankan salah satu tugas fungsi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulang Pisau melakukan kegiatan monitoring ke Desa Sei Bakau Kecamatan Sebangau Kuala.

Kegiatan monitoring yang dipimpim Kadis PMD Pulpis, Hj Deny Widanarni di dampingi Camat Sebangau Kuala Herman Wibowo dalam rangka memberikan sosialisasi dan edukasi terkait penggunaan dana desa (DD), penyaluran BLTDD, PKTD, Pemulihan Ekonomi serta adaptasi kehidupan baru pada masa pendemi ini dengan mengacu pada Protokol kesehatan dan lainnya.

” Kegiatan monitoring ke desa ini merupakan salah satu tugas fungsi dan bentuk komitmen, bahwa DPMD selaku leading sektor yang menaunggi Pemdes ini hadir secara bergantian ke desa-desa untuk melakukan pembinaan dan sosialisasi, ” kata Hj Deni Widanarni, Senin (31/8)

Selain melakukan pertemuan dengan Pemdes dan masyarakat setempat guna memberikan sosialisasi dan edukasi tentang penggunaan DD, penyaluran BLTDD, PKTD, Pemulihan Ekonomi serta adaptasi kehidupan baru pada masa pendemi ini dengan mengacu pada Protokol kesehatan dan lainnya, juga melakukan peninjauan ke lokasi penangkaran kepiting yang dikelola oleh kelompok masyakarat di Desa Sei Bakau Kecamatan Sebangau Kuala.

Berita Lainnya
1 dari 115
Loading...

” Kami bersama pak camat dan rombongan melihat lebih dekat penangkaran kepiting yang dikelola oleh kelompok tani itu. Berdiskusi, mendengarkan keluhan dan kendala yang dihadapi serta menyerap aspirasi dari masyarakat, selanjutnya mencarikan solusi demi peningkatan hasil penangkaran kepitingnya, sehingga terus dikembangan sebagi usaha untuk menambah penghasilan dalam rangka pemunuhan ekonominya, ” jelas Hj Deni

Kemudian, pihaknya juga melihat hasil-hasil pembangunan dan pemberdayaan lainnnya serta mendengarkan keinginan masyarakat, khususnya kelompok wanita yang menginnginkan adanya pelatihan penanaman hidroponik. Karena menurut Hj Deni, di daerah tersebut sulit sulit untuk bercocok tanam sehingga harus memakai hydroponik.

” Saya juga melihat semangat ibu-ibu disini untuk mengembangkan penanaman sistem hydroponik cukup tinggi, mengingat disana lahan mereka sangat sulit untuk bercocok tanam. Makanya mereka mengingingkan pelatihan penanaman hidroponik, sebagai tambahan penghasilan mereka. Insyaallah, kita akan dukung dan kita juga akan koordinasikan dengan dinas terlait supaya keinginan mereka dapat terlaksana, ” tandasnya

Sementara Camat Sebangau Kuala Herman Wibowo menyambut baik dan memberikan apresiasi kegiatan monitoring yang dilakukan DPMD Pulang Pisau. Menurutnya, kegiatan monitorong ke desa ini sangat diharapakan oleh Pemdes dan masyarakat. Dimana melalui monitorong ini, diharapakan dapat memberikan motivasi bagi aparatur desa untuk menggelola DD dan ADD secara tepat dan benar sesuai denga peraturan yang telah ditentukan, sehingga dapat meminimalisir terjadinya penyalahgunaan.

” Selain dapat memberikan motivasi aparatur desa dalam bekerja, juga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Karena, aspirasi dan keluhan masyarakat juga tersampaikan dengan baik, ” pungkasnya. (sgt/k-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya