Markas Berbenah Bersama Dipenuhi Guru Swasta, Ada Apa?

BANJARMASIN, KP – Nasib tenaga pendidik atau guru swasta memang tidak sebagus guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Soal penghasilan, tidak bisa dipungkiri, ada perbedaan yang cukup jauh antara guru PNS dan swasta.

Di banyak sekolah swasta, sistem penggajian guru tetap dan guru tak tetap kurang lebih sama. Walaupun sekolah swasta memiliki jumlah murid yang banyak, tidak menjamin penghasilan guru swasta bisa berkali lipat.

Hal itu disampaikan puluhan guru swasta di Kota Banjarmasin saat menyambangi Markas Pemenangan Berbenah Bersama, Sabtu (12/9/2020) di Jalan Adhiyaksa, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Kedatangan puluhan guru swasta itu, meminta agar nasib mereka bisa diperjuangkan pasangan bakal calon Walikota Hj Ananda dan Wakil Walikota H Mushaffa Zakir Lc.

Berita Lainnya
1 dari 1.384
Loading...

“Kami dengar Hj Ananda dan H Mushaffa Zakir Lc punya visi dan misi yang bagus membenahi Kota Banjarmasin di bidang pendidikan. Makanya kami sengaja datang kesini menyampaikan persoalan yang sudah lama tak ada jalan keluarnya,” ucap Aryani salah satu guru swasta di Kota Banjarmasin.

Dirinya mengeluhkan jumlah honor yang relatif rendah sebagai guru swasta, sedikitnya jumlah murid karena lebih memilih sekolah negeri, sulitnya mendapatkan sertifikasi sebagai tenaga pengajar, hingga sangat kecilnya harapan diangkat sebagai guru yang berstatus PNS.

“Terlebih kondisi belajar dirumah seperti saat ini. Penghasilan kami berkurang karena dihitung dari waktu belajar. Tak hanya itu kami meminta agar proses penerbitan sertifikasi dipermudah. Terakhir kami ingin tetap berjuang agar bisa diangkat menjadi PNS,” bebernya.

Keluhan dan harapan Ariyani sepertinya mewakili puluhan tenaga pengajar swasta lain yang juga berharap adanya perhatian pemerintah.

Penanggungjawab Markas Berbenah Bersama Soraya memastikan, semua keluhan dan aspirasi warga Kota Banjarmasin, termasuk komunitas guru swasta akan disampaikan kepada bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin Hj Ananda dan H Mushaffa Zakir Lc.

“Semua keluhan dan aspirasi masyarakat menjadi perhatian besar Hj Ananda dan H Mushaffa Zakir Lc. Sebelumnya beberapa komunitas juga mendatangi Markas Pemenangan Bersama seperti Komunitas Ojek Online, Komunitas Sopir Taksi Kuning, Komunitas Guru Mengaji, Komunitas Tenaga Kesehatan, dan kali ini kami kedatangan guru swasta di Banjarmasin,” pungkasnya.(sah-KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya