Pembahasan Inovasi PJJ Dimasa Pandemi Covid-19

Banjarbaru,KP- Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Muhammad Aswan menghadiri kegiatan webbinar dengan tema pembahasan Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19, Kamis(03/09/2020).

Kegiatan yang dilaksankan di Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Banjarbaru, kegiatan yang di ikuti oleh seluruh guru dari PAUD sampai guru Sekolah Menengah Pertama yang ada di Kota Bnajarbaru melalui aplikasi zoom menghadirkan Narasumber yaitu bapak Sudadi Kepala BP-PAUD Dikmas Kalimantan Selatan.

Selama pembelajaran jarak jauh ini para wali murid banyak yang mengira proses belajar di rumah adalah kegiatan memindahkan kegiatan pembelajaran yang biasa di kelas dengan muatan pelajaran yang biasa disajikan di kelas ke rumah, namun berdasarkan evaluasi tentang pembelajaran di rumah ternyata pembelajaran di rumah ini kurang seefektif belajar secara tatap muka.

Hingga ada banyak Persoalan yang terjadi, seperti efektivitas komunikasi antara guru dan murid, kemampuan murid mempelajari pelajaran yg diinstruksikan guru, kompetensi guru dalam pembelajaran daring, selain itu persoalan jaringan internet yang tidak merata termasuk pembiayaan dalam pembelajaran melalui daring,

Berita Lainnya

Pjs Walikota Laksanakan Koordinasi

1 dari 359
Loading...

“Persoalan yang dihadapi dalam pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah ini tentu persoalan yg harus kita pikirkan dan pecahkan bersama, baik dari Dinas Pendidikan sebagai perancang kebijakan, kepala sekolah sebagai koordinator pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di sekolah,” ujar Darmawan.

Adapun para guru sebagai orang uanhbertugas di garis depan, dan para murid yanh menerima pembelajaran dan para orang tua yang melakukan pembimbingan anak untuk belajar di rumah dituntut untuk bis berkoordinasi dengan baik.

Darmawan Jaya Setiawan dalam hal mengapresiasi Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, para pengawas sekolah dan guru yang telah membuat formula tentang belajar efektif di rumah, baik di tingkat SMP, SD Serta TK dan PAUD, dengan harapkan konsep belajar efektif yang di gagas oleh tim penyusun mampu adaptif dan menyesuaikan dengan dinamika dan kesesuaian keadaan di daerah kita Kota Banjarbaru ini.

“Tentu saja konsep ini juga akan efektif bila dilaksanakan dengan baik dan beberapa masalah yang dihadapi dapat diakomodir oleh kepala sekolah. baik peningkatan kapasitas guru, pembiayaan dalam pelaksanaan pembelajaran melalui metode daring maupun luring,” Jelasnya.

Darmawan Jaya Setiawan yakin dan berharap para kepala sekolah akan berbuat maksimal untuk melaksanakan dan menemukan formula untuk pembelajaran di rumah, dikarenakan peran Kepala Sekolah sangat menentukan kualitas dan kesuksesan pembelajaran di rumah yang efektif di masa pandemi covid 19, dan kepada jajaran Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru untuk melakukan pemantauan atas pelaksanaan pembelajaran di rumah. (dev/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya