Polres Barsel Gelar Simulasi Pastikan Kesiapan Pengamanan Pilgub Kalteng

Buntok, KP – Polres Barito Selatan menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) untuk pengamanan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020 di Buntok.

“Sispamkota ini dilaksanakan sebagai persiapan dalam menghadapi Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah,” kata Kapolres AKBP Devy Firmansyah usai kegiatan tersebut, Kamis (10/9/2020).

Devy juga mengatakan, sispamkota yang digelar untuk kedua kalinya pada saat ini.

Kegiatan hari ini ( Kamis) dilaksanakan secara parsial diperlihatkan kepada tim asistensi Polda Kalteng terkait persiapan Polres Barito Selatan.

Selain melaksanakan sispamkota, tim asistensi dari Polda Kalteng juga melakukan pengecekan personel serta sarana dan prasarana dalam pengamanan Pilkada.

“Semua sarana dan prasarana yang dimiliki Polres Barsel ini, sudah siap digunakan dalam pengamanan pilkada 2020 ini,” ucap Devy Firmansyah.

Berita Lainnya
1 dari 121

Begitu juga, lanjut dia, terkait dengan personel sudah dipersiapkan. Saat ini sejumlah personel Polres bersama TNI dan Satpol PP sudah melakukan pengamanan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Barito Selatan.

Sementara Ketua Tim Asistensi Polda Kalimantan Tengah, AKBP Handoyo Santoso mengatakan, kedatangan pihaknya ke Barito Selatan merupakan instruksi dari Kapolda untuk melihat kesiapan Polres Barsel dalam pengamanan pilkada.

“Berdasarkan hasil pengecekan sarana dan prasarana maupun kegiatan sispamkota, Polres Barsel sudah siap dalam menghadapi pilkada 2020 ini, baik kesiapan personel maupun peralatan, dan metode yang digunakan,” ucap Handoyo Santoso yang juga Wadir Polairud Polda Kalteng itu.

Selain mengecek sarana prasarana dan personel, pihaknya juga mengecek personel yang saat ini sedang berjaga di kantor KPU serta Bawaslu.

Pantauan mereka, peralatan yang digunakan personel sudah lengkap.

Sispamkota yang digelar di depan kantor KPU Barito Selatan itu dengan melakukan simulasi sistem pengamanan apabila terjadi unjuk rasa maupun pengamanan kotak suara dari PPS ke PPK hingga ke KPU Barito Selatan.

Disamping itu, dalam kegiatan itu juga dilakukan simulasi personel kepolisian membantu pemilih yang sedang hamil, orang tua serta pemilih yang cacat menuju ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).(Yld/KPO-1))

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya