Warga HSS Terdampak Covid-19 Masih Dapat BST Hingga Desember

Kandangan, KP –  Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dilanjutkan hingga Desember 2020. Sekitar 6 ribu orang lebih warga Hulu Sungai Selatan (HSS) terdampak Covid-19, yang telah terverifikasi bisa kembali menerima bantuan itu.

BST yang merupakan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) itu, mulai dibagikan tiap bulan sejak periode April sampai Juni 2020. Awalnya, tiap penerima BST akan mendapatkan uang sebesar Rp 600 ribu per bulan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten HSS Nordiansyah mengungkapkan, sejak Juli lalu telah ditetapkan penyaluran BST dari Kemensos itu, dilanjutkan sampai Desember mendatang.

Kendati demikian ungkapnya, nominal bantuan nya akan berkurang 50 persen, yakni menjadi Rp 300 ribu. Penerima BST mendapatkan nominal setengahnya saja itu, dimulai dari penyaluran tahap kelima atau Agustus 2020.

Selain itu, penyalurannya direncanakan untuk dua bulan sekaligus.

Berita Lainnya
1 dari 290
Loading...

“Penyalurannya di rapel dua bulan sekaligus, untuk bulan Agustus dan September,” ungkap Nordiansyah, Selasa (15/9/2020).

BST tahap pertama disalurkan kepada sebanyak 6.751 keluarga penerima manfaat (KPM), tahap kedua 6.716 KPM, dan tahap ketiga 6.874 KPM.

Pihaknya terus melakukan verifikasi penerima, dalam tiap penyaluran BST itu, sehingga jumlahnya bisa berubah tiap bulan. Hal itu berdasarkan, evaluasi di lapangan, untuk menghindari kekeliruan dalam penyaluran

BST disalurkan melalui PT Pos Indonesia (Persero), serta juga melalui himpunan bank negara (Himbara) yang telah ditunjuk. Pembagian dana BST disalurkan secara bertahap, sebab untuk mencegah membludaknya masyarakat yang datang.

Hal itu, juga dalam rangka penerapan protokol kesehatan, guna mencegah penularan Covid-19. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya