1.610 UMKM Tala Terima Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro

Pelaihari, KP – Sebanyak 1.610 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Tanah Laut (Tala) menerima Bantuan Presiden Produktif Untuk Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp 2,4 Juta yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tala HM Sukamta di Balairung Tuntung Pandang, pada Senin (5/10/2020).

Dalam sambutannya Sukamta menuturkan bantuan ini dapat digunakan sebagai tambahan modal kerja bagi UMKM di Tala. Ia menambahkan pelaku UMKM merupakan salah satu pihak yang paling terdampak pandemi Covid-19.

Orang nomor satu di Tala tersebut mengatakan BPUM ini tidak sama dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT), BPUM ini dikhususkan untuk modal kerja produktif bagi UMKM. BPUM ini diserahkan untuk menjaga stabilisasi sekaligus untuk meningkatkan usaha produktif dari UMKM Tala.

“Mereka mengalami kondisi ekonomi yang terus menurun, makanya saya kira ini bantuan dari presiden yang dapat membantu ekonomi lebih stabil lagi bahkan bisa lebih meningkat lagi,” ungkapnya.

Berita Lainnya

Pemkab dan Kejari Pulang Pisau Kunker ke Tala

Sukamta Minta Camat Galakkan Prokes

1 dari 244

Sukamta berharap agar BPUM yang sudah diserahkan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk memajukan usaha mikro. Ia menegaskan agar bantuan yang didapat jangan dibelanjakan di luar daerah Tala apalagi untuk membeli.

“Belanjakan di Tanah Laut saja, saya kalau belanja selalu di pasar dan toko-toko warga Tanah Laut. Agar uang yang saya miliki ada dimasyarakat Tanah Laut. Inilah kuncinya agar uang saudara-saudara kita di Tanah Laut semakin banyak dan berputar diantara kita,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan Tala H. Syahrian Nurdin mengungkapkan pihaknya sudah menghimpun data terkait UMKM yang terdampak sebanyak 13.700 yang tersebar di 11 kecamatan Tala dan menempati peringkat kedua di Provinsi Kalimantan Selatan. Dengan adanya usulan tersebut ia berharap dapat disetujui oleh pemerintah pusat dan dapat segera membantu UMKM di Tala.

Turut berhadir pada acara tersebut, Pimpinan BRI Cabang Kanca Pelaihari Tony Irawan, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Tala Ahmad Hairin, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Tala terkait, Camat Pelaihari Dwi Anggraini, para Lurah se Kecamatan Pelaihari, dan tamu undangan lainnya. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya