BLK HSU Kembali Buka Pelatihan Berbasis Komptensi

BLK HSU - Menggelar pelatihan kerja berbasis komputensi. (KP/Ist)

Amuntai, KP – Dalam upaya mencipatkan lapangan kerja bagi masyarakat, Balai Latihan Kerja (BLK) Amuntai kembali menggelar pelatihan kerja berbasis komputensi.

Pelatihan yang dilaksanakan, Selasa (20/10/2020) selama kurang lebih satu setengah bulan dengan memperhatikan protokol kesehatan dalam upaya mencegah Virus Covid 19.

Adapun pelatihan dengan bidang kejuruan perakitan komputer, Menjahit pakaian sesuai style dan servis sepeda motor konvensional.

Kepala Dinas Penanan Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSPTK) PMPTSPTK HSU M Syarif Fajerian Noor dalam laporannya mengatakan pelaksanaan pelatihan berbasis kompetensi pada program peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas ini bersumber dana dari APBD tahun 2020.

Menurutnya, kegiatan ini tentu memiliki arti penting bagi tenaga kerja mengingat di era globalisasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat begitu juga tantangan yang hadapi semakin kompleks. Hampir setiap saat perubahan itu selalu terjadi di berbagai sektor kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu dinilai perlu adanya memberikan keterampilan seiring dengan kondisi dan kemajuan perkembangan yang kian pesat saat ini.

” kita harus membekali diri dengan skill atau keahlian kompetensi kualitas yang meningkatkan produktivitas sehingga kita mampu menjadi tenaga kerja yang profesional”, ungkapnya.

Berita Lainnya

Bupati Wahid Hadiri Rapat Pokja APKSI

1 dari 244

Ia menambahkan, Salah satu sektor permasalahan yang sering dihadapi adalah faktor lapangan kerja dan ketersediaan tenaga kerja sektor ini memiliki hubungan yang signifikan dan saling ketergantungan antara satu dengan lainnya.

Faktor lapangan kerja merupakan upaya yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun perusahaan swasta untuk membuka peluang usaha dengan merekrut tenaga kerja terampil yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Upaya yang dilakukan pemerintah ini salah satunya yaitu pelatihan berbasis kompetensi ini diharapkan mengurangi tingkat pengangguran dan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya, lanjut Syarif.

Melalui pelatihan kerja ini bisa memberikan bekal ketrampilan kerja kepada masyarakat agar mampu bersaing dalam dunia kerja bahkan dapat membuka peluang usaha kerja bagi yang lainnya.

Terpisah Plt Kepala BLK Amuntai Ahmad Noor Ilmi, mengatakan sejak sekitar 5 bulan terakhir selama Pandemi Covid-19 secara otomatis kegiatan pelatihan berbasis kompetensi di BLK Amuntai terhenti.

Namun meski sempat terhenti sejak sekitar bulan Maret sampai bulan Juli para Alumni dan beberapa peserta pelatihan khususnya menjahit sempat di arahkan ke pembuatan Masker kain untuk memenuhi kebutuhan masker dimasyarakat di tengah Pandemi.

Ahmad Noor Ilmi menghimbau kepada para remaja-remaja yang ingin mengikuti pelatihan gratis di BLK Amuntai dapat melakukan pendaftaran di Kantor BLK Amuntai. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya