Heli Bermesin Ganda Bantuan BNPB Tiba di Bandara Syamsudin Noor

Berita Lainnya
1 dari 1.030

Banjarbaru, KP Helikopter jenis Chinook yang bermesin dan baling-baling ganda tiba di Bandara Syamsudin Noor, Senin (12/10) sore.
“Alhamdulillah setelah tertunda 2 hari heli bantuan BNPB ini akhirnya datang,” kata Plt Kepala Pelalsana BPBD Kalsel, Mujiyat.
Menurut Mujiyat, heli tersebut multiguna. Bisa digunakan untuk pengeboman titik api dan bisa juga untuk mengangkut logistik dalam membantu kemanusian.
“Kami akan maksimalkan operasional sesuai kegunaannya. Bantuan kemanusian sehubungan saat ini covid maka akan mendistribusikan APD terkait covid, terutama masker ke daerah yang sulit terjangkau,” urainya.
Sementara itu, Penanggung Jawab Operasional Heli Ganesa Dirgantara, Heru Susanto, menambahkan heli sudah membawa perlengkapan sendiri seperti baket pengangkut air. “Kapasitas baket boombing 9.800 liter, lebih dari 2 kali lipat heli biasa. Sementara waktu sekali terbang heli 2,5 jam, tapi akan kami instal akselerasi tang sehingga ada penambahan waktu terbang 1,5 jam,” bebernya.
Ia menyebut penggunaan heli chinook untuk penanganan bencana di Indonesia baru pertama kali. Pihaknya selaku pemegang sertifikat penerbangan mendatangkan satu heli chinook dari Montana, Amerika. “Heli terbang dari Motnana ke Palembang,” ujarnya.(mns/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya