Belasan Pemuda di HSU Dibekali Pelatihan Pewarna Sasirangan Alami

Amuntai, KP – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ajak pemuda mencintai budaya lokal dengan memberikan pelatihan pewarna kain sasirangan alami.

Hal itu sebagaimana yang dilaksanakan melalui kegiatan yang belum lama tadi digelar oleh DPD KNPI HSU yaitu pelatihan pembuatan sasirangan pewarna alami. DPD KNPI HSU besama Duta GenRe HSU.

Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 15 peserta di Desa Telaga Sari dari berbagai latar belakang sosial dengan harapan pemuda khususnya di HSU semakin melestarikan lingkungan dan juga mencintai budaya lokal.

Ketua DPD KNPI HSU, Almien Ashar Safari, mengungkapkan peserta dari kegiatan ini berasal dari berbagai latar belakang sosial dengan maksud dan tujuan sebagai upaya untuk memfasilitasi pembentukan karakter pemuda yang cinta budaya lokal serta turut serta dalam melestarikan lingkungan.

Menurut Almien, di masa pandemi Covid-19 ini, generasi muda harus tetap semangat, tetap harus produktif melalui karya-karya dan kegiatan positif.

Berita Lainnya

Bupati HSU Tinjau Bedah Rumah

1 dari 229

Almien juga memberikan motivasi kepada pemuda, dimana pada bulan Oktober ini sebentar lagi Hari Sumpah Pemuda. Oleh karena itu momentum ini hendaknya kita ambil bagian sebagai estafet pembangunan bangsa.

“ melalui momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, mari kita sebagai pemuda yang memegang estafet pembangunan bangsa terus berbenah diri agar menjadi individu yang berkualitas,” ungkapnya .

Ditambahkannya, kegiatan pelatihan pembuatan sasirangan warna alam ini juga dimaksudkan untuk mendukung misi pemerintah kabupaten Hulu Sungai Utara menuju HSU Mantap, yaitu maju, mandiri, sejahtera, agamis, dan produktif.

Almien berharap seluruh peserta tidak menyimpan ilmu yang diajarkan untuk diri sendiri saja, melainkan harus disebarluaskan kepada orang lain.

Kegiatan pelatihan tersebut diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober dengan mengangkat tema “push your self, improve your skill, reach your dreams”.

Zainal Fuad selaku instruktur pelatihan sasirangan warna alam dari ECOmel Sasirangan yang juga merupakan Duta GenRe HSU, saat ditemui awak media, berharap seluruh peserta yang sudah memiliki keterampilan membuat sasirangan terus mengembangkan potensi diri yang dimiliki agar ke depan bermunculan generasi muda yang terampil dalam membuat sasirangan sehingga HSU tidak perlu lagi memesan sasirangan ke luar daerah. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya