Protokol Kesehatan Jadi Keutamaan dalam Tahapan Pilkada

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) mengikuti rapat koordinasi analisis dan evaluasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, Jumat (2/10/2020) kemarin secara virtual dari ruang Media Center Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten HSS.

Rapat koordinasi itu dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia (RI) Mahfud MD.

Wakil Bupati (Wabup) HSS Syamsuri Arsyad, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten HSS Nida Guslaili Rahmadina dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten HSS Hasnan Fauzan turut hadir dalam acara itu.  

Ketua KPU Kabupaten HSS, Nida Guslaili Ramadina mengatakan, rapat tersebut merupakan inisiasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Hal itu sebagai bentuk upaya, dalam pelaksanaan tahapan Pilkada khususnya di Kalimantan Selatan (Kalsel), yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Nida mengungkapkan, Pilkada serentak akan tetap dilaksanakan 9 Desember 2020 mendatang.

Berita Lainnya
1 dari 316

Protokol kesehatan sebutnya, menjadi keutamaan bersama-sama dalam pelaksanan pemilihan itu.

“Kami (KPU) utamanya pihak penyelenggara secara masif akan mensosialisasikan kepada para peserta, masyarakat bahwa tetap jaga jarak, cuci tangan dan mengutamakan protokol kesehatan yang maksimal,” paparnya, saat diwawancarai usai rapat itu.

Pada rapat tersebut, Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan, jumlah pemilih di TPS nanti dibatasi. Selain itu, waktu mencoblos akan terjadwal dan tidak serentak pada jam yang sama.

“Langkah ini bertujuan mencegah terjadinya kerumunan di TPS, jika pemilih yang datang serempak,” ujarnya.

Rapat itu turut dihadiri Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, Kapolres HSS AKBP Siswoyo Ketua Pengadilan Negeri Kandangan Dian Erdianto, dan Ketua Kejaksaan Negeri Kandangan Agus Rujito. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya