Tolak UU Cipker, Berikut Lima Poin Pernyataan Sikap Aliansi PBB Kalsel

Banjarmasin, KP – Aliansi Pekerja Buruh Banua (PBB) menggelar aksi unjuk rasa menolak Undangan-undang Cipta Kerja Omnibus Law di depan Kantor DPRD Kalsel, Jalan Lambung Mangkurat, Kamis (22/10/2020) siang.

Mereka tergabung dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kalsel, Konfederasi Serikat Pekerja Selurub Indonesia (KSPSI) Kalsel, Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Kalsel.

Mereka menolak keras Undang-undang Cipta Kerja Omnibus Law yang sudah disahkan DPR RI pada 5 Oktober lalu. Yang hingga kini draft atau naskah aslinya belum jelas dan tak dapat diakses.

Berita Lainnya
1 dari 1.088

Dalam aksi damai yang dikawal aparat keamanan baik TNI maupun Polri tersebut, Aliansi PBB mengeluarkan pernyataan sikapnya. 

Ada lima poin dalam pernyataan sikap yang ditandatangani tiga ketua serikat buruh dari DPD FSPMI Kalsel Sadin Sadai, DPW FSPMI, Yoeyoen Indharto, dan Korwil KSBSI, Messi itu.

  1. Menolak sekeras kerasnya, UU Omnibus Law Cipta Kerja yang telah disahkan oleh DPR RI, pada tanggal 05 Oktober 2020. 
  2. Meminta kepada Presiden RI Joko Widodo untuk membatalkan Undang Undang Omnibus Law Cipta Kerja dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (PERPU) dan atau mengeluarkan Klaster Ketenagakerjaan dari Undang Undang Omnibus Law Cipta Kerja. 
  3. Meminta kepada DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, untuk mendampingi dan mengawal kami Perwakilan Aliansi PBB, menyerahkan secara langsung kepada DPR RI, kajian dan atau sandingan UU Omnibus Law Cipta Kerja dengan 
    UU. No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. 
  4. Tolak Upah Murah dan Meminta agar Kenaikan Upah Minimum Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021, adalah minimal sebesar 8 persen. 
  5. Meminta kepada DPR RI, DPRD, Pemerintah Pusat dan Daerah, untuk terus fokus pada Pencegahan Penularan Covid-l9 dan pemulihan ekonomi pasca pandemi. (sah/KPO-1)
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya