Bujino A Salan Bertekad Kembalikan Kejayaan KAI

Banjarmasin, KP – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kongres Advokat Indonesia (KAI) Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan nakhoda Bujino A Salan SH resmi dilantik, di Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Minggu (31/10/2029).

Usai dilantik, Bujino A Salan bertekad mengembalikan kejayaan organisasi ini 2015 silam.

“Insya Allah ke depan kejayaan KAI Kalsel akan kembali seperti lima tahun lalu, tentunya dengan kepengurusan yang baru ini akan membawa organisasi lebih baik lagi,” katanya.

Saat itu, ungkap dia, anggota KAI Kalsel mencapai 400 orang lebih, namun berangsur-angsur merosot. Penyebabnya, karena KAI belum bisa melaksanakan sumpah advokat. Sehingga banyak anggota yang hijrah ke organisasi advokat yang lain.

Padahal, kata dia, berdasarkan UU Nomor 18 Tahun 2013 tentang Advokat, yang berhak melakukan perekrutan dan menguji advokat, hanya ada dua organisasi, KAI dan Peradi.

Tapi belakangan banyak organisasi advokat bermunculan. Bahkan ada anggota organisasi advokat yang dilantik oleh Pengadilan Tinggi (PT) Banjarmasin.

Berita Lainnya

John Lee Cs Ringkus Pengedar Shabu

1 dari 994

Ia memahami banyak anggota yang hijrah ke organisasi dengan harapan bisa cepat menjadi seorang advokat.

Padahal untuk menjadi advokat tak bisa sembarang, seperti mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), ujian profesi advokat serta magang selama 2 tahun di kantor advokat.

“Anggota kita yang aktif saat ini terisa kurang lebih 100 orang,” ujarnya.

Karena itu dalam waktu dekat, KAI Kalsel akan menggelar rapat kerja daerah (Rakerda). Tujuannya untuk menentukan arah organiasasi serta penerimaan anggota baru.

“Kita sudah punya program jangka pendek dan jangka panjang, akan mulai kita laksanakan tiga bulan ke depan,” bebernya.

Di sisi lain, pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KAI, Wanto A Salan berharap, kepengurusan baru di Kalsel bisa bekerja maksimal dan mengembangkan organisasi menjadi lebih baik lagi. Jangan hanya sekadar pasang nama di kepengurusan saja.

“Pengurus yang baru ini harus memiliki tanggungjawab memikul perkembangan organisasi, sehinga diharapkan bisa menjadi lebih baik lagi,” harap advokat senior ini. (fin/K-4)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya