Bupati HSU Apresiasi Bio Expo Desa Peduli Gambut

BIO EXPO - Desa Lahan Gambut. (KP/Ist)

Amuntai, KP – Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Drs H Abdul Wahid MM Msi mengapresiasi digelarnya Bio Expo Desa Peduli Kalimantan Selatan dalam upaya menggali potensi yang bisa mengembangkan usaha masyarakat.

Sebagaimana diketahui kegitan Bio Expo tersebut dilaksanakan oleh Yayasan Rahim Bumi bersama dengan Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) HSU, di Kalakai Galery desa Matang Siran Kecamatan Banjang HSU, (Rabu 25/11/2020).

Bupati dalam kesempatan itu mengungkapkan bahwa kita harus menyadari peluang usaha yang berbahan lokal ini sangat besar. Tinggal bagaimana kita mengembangkan potensi tersebut agar bisa memiliki daya saing dan memiliki harga jual yang bagus.

Menurut bupati berdasarkan hasil pengalaman bahwa tidak jrang kita menemukan hasil kerajinan yang ditemui di luar daerah memiliki daya jual yang tinggi bahkan bisa berkali lipat dengan sedikit kreatifitas dan inovasi.

Oleh karena itu, lanjut Wahid peran Badan Restorasi Gambut sangat dibutuhkan di daerah HSU ini dan Daerah Gambut lainnya.

Berita Lainnya

Lensa Foto HSU

1 dari 335

“Saya pernah melihat bahwa hasil dari kerajinan kita ini harganya cukup mahal diluar daerah bahkan bisa mancapai puluhan kali dari harga dipasaran lokal lebih lebih di luar negeri,padahal hanya diberi variasi sedikit bisa meningkatkan nilai jualnya,” ungkap bupati.

Bupati juga menyampaikan bahwa peran Badan Restorasi Gambut itu sangat penting seharusnya diperkuat bukan sebaliknya mengingat pembangunan tidak hanya di daerah yang Sumber Daya Alam yang melimpah saja, di daerah lahan Gambut pun perlu dilaksanakan bahkan faktanya sekarang dimana dimasa pandemi Covid 19 ini banyak daerah daerah yang kewalahan menghadapi pandemi justru daerah kami bisa bertahan.

Sementara Farid Wajidi selaku Derektur Yayasan Rahim Bumi menyampaikan selama kurun waktu 2 tahun ini telah banyak melakukan kegiatan seperti memberikan pelatihan pelatihan kepada para pengrajin diantaranya pemanfaatan bahan non kimia dalam proses pembuatan kain sasirangan.

Farid mengatakan pihaknya dalam mengembangkan potensi dan pembinaan pengrajin merasa bersyukur dimana mendapat dukungan dari Dekranasda HSU dan turun langsung kepengrajin untuk memberikan trik serta motivasi motivasi dalam menjalankan kegiatan ini disamping dukungan dari instansi terkait yang ada di daerah HSU dan Balangan.

“Kepada Badan Restorasi Gambut kami juga bersyukur atas arahannya melalui Deputi 3 Bidang Edukasi,Sosialisasi,dan Kemitraan pada Badan Restorasi Gambut sehingga kegiatan kami selama ini benar benar dapat memberikan manfaat bagi pengrajin, seperti saat ini kami melakukan Pameran hasil dari olahan atau produk dari pengrajin,” ungkapnya.

Dalam pameran ini menampilkam kerajinan dan olahan makanan seperti Kue,minuman kesehatan yang tentunya kesemuanya itu merupakan hasil binaan dari yayasan Rahim Bumi dan sudah pasti berbahan dasar lokal dan organik. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya