Musim Penghujan, Harga Ikan Sungai Melambung

Banjarmasin, KP – Datangnya musim penghujan di Banua belakangan ini membuat harga ikan air tawar dipasaran mengalami kenaikan.

Dari pantauan di salah satu pasar tradisional di Kota Banjarmasin, tepatnya di Pasar Lama, harga jenis ikan air tawar, khususnya ikan sungai mengalami kenaikan.

Seorang pedagang ikan air tawar di Pasar Lama, Rahmat mengatakan, sulitnya pencari ikan sungai menangkap ikan di musim penghujan menjadi penyebab naiknya harga ikan air tawar naik di pasaran, terutama ikan Haruan dan ikan Papuyu.

“Stoknya terbatas akibat nelayan dan pencari ikan kesulitan mencari ikan saat cuaca seperti ini. Air sungai jadi pasang karena hujan. Ikan Haruan misalnya, hari ini dijual sebesar Rp 65.000 sampai Rp 70.000 perkilogram ukuran besar, sebelumnya hanya Rp Rp 55.000 – Rp 60.000 perkilogram. Ikan Haruan berukuran agak kecil Rp 55.000 perkilogram, sebelumnya sekitar Rp 45.000,” ungkapnya kepada Kalimantan Post, Senin (16/11).

Untuk ikan Papuyu ukuran besar, lanjutnya, harganya juga mengalami kenaikan. “Papuyu ukuran besar, yang isinya 7-8 ekor perkilogram lumayan naik harganya. Saat ini mencapai Rp 130.000 hingga Rp 150.000 perkilogram. Harga ikan Papuyu bertahan, tak seperti harga Haruan yang turun naik,” ujarnya menjelaskan.

Sedangkan, ikan Papuyu ukuran kecil, hargnya cukup murah Rp 50.000 perkilogram dan Papuyu ukuran tanggung Rp 80.000 perkilo.

Berita Lainnya
1 dari 526

Kemudian Ikan Kapar juga mengalami kenaikan, dari Rp 50.000 perkilogram, kini menjadi Rp 60.000 perkilogram.

“Permintaan ikan sungai Haruan dan Papuyu cukup tinggi. Lantaran pasokan yang tidak mencukupi, akibatnya harga jadi naik,” terangnya.

Pedagang ikan lainnya, Raudah menuturkan, untuk jenis ikan air tawar tambak, seperti ikan Patin, ikan Nila dan ikan Lele harganya cukup stabil. Jika ada kenaikan pun, jumlahnya tidak terpaut jauh.

“Ikan Patin hari ini harganya Rp 23.000 perkilogram, ikan Nila Rp 34.000 perkilogram dan ikan Lele Rp 24.000 perkilogram. Sementara ini, jika ada kenaikan paling selisih Rp 1.000 saja perkilonya,” imbuhnya.

Namun, ia memperkirakan jelang akhir tahun nanti, harga ikan air tawar akan terus mengalami kenaikan.

“Biasanya, setiap akhir tahun, semua jenis ikan naik harganya, mungkin karena permintaan yang cukup tinggi dari masyarakat,” pungkasnya. (opq/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya