Orang Tua Berperan Penting Disiplinkan Anak Terapkan Protokol Kesehatan

Tamiang Layang, KP – Wakil Ketua II DPRD kabupaten Bartim Andreas Depe meminta kepada orang tua untuk berperan aktif mengawali dan mengawasi anaknya agar disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker keluar rumah mencuci tangan dan menjaga jarak di saat berada diluar rumah.

“Ini sebagai upaya mencegah terjadinya penularan COVID-19 di lingkungan keluarga,” kata Depe , Jum’at ( 6/11/2020 )

Depe juga meminta orang tua tetap berperan aktif membantu kegiatan anak belajar di rumah, karena dilakukan secara online atau daring. Hal ini karena belum ada keterangan resmi pemerintah yang mengizinkan kegiatan belajar mengajar bisa dilaksanakan di sekolah.

Menurut Depe karena kondisi saat ini masih dalam pandemi COVID-19, maka kegiatan belajar mengajar harus dilakukan secara daring atau banyak belajar di rumah.

Dampaknya pada sektor pendidikan sangat luar biasa dan menciptakan generasi yang akan bisa dirasakan efeknya pada beberapa tahun akan datang. Hal ini perlu antisipasi dari semua pihak.

Berita Lainnya
1 dari 102

“Untuk warga komplek perumahan bisa membentuk kegiatan belajar mengajar berkelompok dengan terus menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan belajar berkelompok. jika jarak rumah murid berjauhan, maka hanya bisa dilakukan secara daring ( dalam jaringan ) saja dan ini diperlukan peran atau pengawasan orang tua,”Ungkap Depe

Pengawasan yang dilakukan orang tua bisa saja seperti mendampingi anak dalam proses belajar mengajar, memberikan ruang atau waktu belajar kepada anak dalam satu hari, melihat dan mengecek modul belajar dan nilai belajarnya.

“Jika anak mengalami kendala dalam pembelajaran, disinilah peran orang tua bisa membantu anaknya oleh karna itu peran orang tua sangat penting mendampingi anak di saat belajar di rumah,” kata Depe.

Sedangkan mengambil modul pembelajaran dari sekolah dan mengantarkan hasil pekerjaan siswa setelah selesai, merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya penyebaran COVID-19.

Kekhawatiran terhadap anak perlu kita ingatkan, ketika anak bermain atau melaksanakan belajar kelompok diluar rumah bertemu dengan temannya di sekolah maka ada peluang terjadinya pelanggaran protokol kesehatan seperti jalan-jalan dan berkumpul dengan tidak menjaga jarak. (vna/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya