Perusahaan Dihimbau Salurkan CSR Atasi Dampak Covid-19

Banjarmasin, KP – Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Noorlatifah mengajak seluruh perusahaan maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang beroperasi di kota ini untuk ikut memerangi dan mengatasi dampak wabah virus corona (Covid-19).

Caranya menurutnya kepada {KP} Jumat (2711/2020), dengan menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

“Agar lebih tepat sasaran alangkah baiknya penyaluran dana CSR dilaksanakan satu pintu melalui Pemko Banjarmasin,” katanya.

Noorlatifah menyatakan, wabah virus corona sangatlah berdampak berbagai sektor dimana menyusul kebijakan pemerintah untuk mengatasi wabah tersebut membuat banyak kegiatan usaha dan perekonomian masyarakat menjadi terpuruk.

Untuk itu lanjutnya, semua pihak harus membuka diri berkolaborasi untuk dapat mengatasi Covid termasuk dalam melaksanakan penyaluran CSR.

Masalahnya, karena jika hanya mengandalkan anggaran Pemko Banjarmasin dipastikan tidak akan mampu untuk mengcover seluruh masyarakat yang terdampak covid-19.

Berita Lainnya
1 dari 3.596

Dijelaskan, terkait program program tangung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat ini, Pemko Banjarmasin sudah membentuk badan khusus yaitu Banjarmasin Corporet Social Respoobility (BCSR).

Program bantuan dana CSR lanjutnya, bertujuan untuk memperkuat terhadap program-program pemerintah yang memiliki keterbatasan anggaran.

Dikemukakannya, Pemko Banjarmasin sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda ) tentang CSR. Terakhir menyusul direvisinya Perda Nomor : 2 tahun 2013 tentang CSR dengan ditetapkannya Perda Nomor : 14 tahun 2016 yang di dalamnya memuat ketentuan serta aturan maupun kewajiban perusahaan memberikan tanggung jawab sosial kepada masyarakat.

“Dalam Perda ini juga diatur pelaksanaan CSR, dimana perusahaan diharapkan bekerjasama dengan Pemko,” tandasnya.

Lebih jauh ia mengemukakan, kerjasama yang dibangun dengan perusahaan bukan hanya dalam bentuk komonikasi informal ataupun sekedar koordinasi, namun lebih dari itu melakukan kerjasama dalam bentuk komitmen sharing anggaran.

Seperti halnya lanjutnya, anggaran CSR yang dikeluarkan oleh perusahaan ditambah oleh Pemko Banjarmasin dalam kerangka pembangunan infrastruktur serta dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat maupun dalam upaya mempercapat masalah pengentasan kemiskinan kota ini. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya