Pjs Walikota Kunjungi Desa Pumpung Cempaka

Banjarbaru, KP- Penjabat Sementara Walikota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, melakukan kunjungan ke Desa Pumpung Kecamatan Cempaka pada Selasa (03/11/2020).

Desa Pumpung ada lokasi yang sudah sangat terkenal di telinga wisatawan asing maupun wisatawan dari daerah daerah di Penjuru Indonesia, sebagai daerah penghasil intan terbaik dari Kalimantan Selatan.

“Tempat pendulangan intan ini terkenal dalam sejarah, karena tempat ditemukannya intan Trisakti yang besar,” kata Bernhard.

Untuk itu, dirinya ingin melihat secara langsung tempat pendulangan intan yang ada di Kota Banjarbaru ini sekaligus melihat apa yang sudah dihasilkan mulai dari bahan intan.

Berita Lainnya
1 dari 421

“Kemudian intan yang masih mentah lalu diproses hingga menjadi berlian, yang harganya tinggi,” ujarnya.

Bernhard berharap tempat tersebut bisa dilihat luas lagi, bahkan dapat menjadi tempat yang baik untuk mendorong wisatawan asing maupun dalam negeri untuk singgah di Kota Banjarbaru.

“Karena Banjarbaru terkenal dengan pendulangan intan terutama di Kecamatan Cempaka,” jelas Bernhard.

Namun demikian, tetap harus mengedepankan keamanan bagi pelaku pendulangan dan pengolahan intan, serta selalu memperhatikan dampak buruk yang ditimbulkan dari proses yang berhubungan langsung dengan lingkungan sekitar.

“Serta selalu mengedepankan standard protokol kesehatan covid 19 yang diperuntukkan kepada para pelaku penjual intan dengan wisatawan yang berkunjung ke desa saat melakukan transaksi jual beli,” ujarnya. (dev/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya