Puluhan Personel Turun Membersihkan Sungai Rimba

Banjarbaru, KP – Pejabat Sementara Walikota Banjarbaru, Bernhard E Rondonuwu menggelar aksi bersih-bersih sampah di Sungai Rimba, Kelurahan Syamsuddin Noor.

Program bersih yang dilakukan bersama Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR dan TNI-Polri merupakan salah satu rangkaian safari kerja Pjs Walikota Banjarbaru.

Pembersihan sungai ini juga sebagai salah satu antisipasi agar Kota Banjarbaru tidak mengalami banjir, karena aliran air yang tersedat akibat penumpukan sampah pada saat musim hujan berlangsung.

Untuk menunjang kegiatan bersih-bersih sungai tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru menurunkan setidaknya 50 personil serta beberapa armada truk.

Berita Lainnya

Pjs Walikota Pantau Prokes di Kantor Kelurahan

Petugas Pertamanan Jadikan Banjarbaru Asri

1 dari 417

“Kami ingin memperlihatkan kepada warga Kota Banjarbaru bahwa negara hadir melalui jajaran untuk membersihkan daerah aliran sungai yang sering tergenang akibat tumpukan sampah,” kata Bernhard.

Kegiatan yang didukung Dandim 1006 Martapura dan Kapolres Banjarbaru sebagai bentuk nyata edukasi agar masyarakat tidak lagi membuang sampah di sungai dan membiasakan diri membuang sampah pada TPS.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru Sirajoni mengatakan, agar masyarakat tentang masalah lingkungan sudah menjadi tugas bersama termasuk menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai, yang berakibat pada pencemaran lingkungan dan banjir.

Sementara itu, Dandim 1006 Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto mengatakan, ada tiga hal utama yang ingin dicapai melalui aksi bersih-bersih sungai tersebut, yakni tercapainya kualitas air yang baik agar dapat meningkatkan fungsi sungai, menunjang pembangunan berkelanjutan dan menciptakan suatu sistem kelembagaan yang bisa mengendalikan pencemaran air. (dev/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya